Tahun 2023 Honorer Dihapus, Pemprov Kaltim Bakal Tetap Pertahankan 

Terhitung di tahun 2023 Pemerintah RI menetapkan penghapusan tenaga honorer akhir November tahun depan.

TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD FAIROUSSANIY
Penyerahan SK PPPK oleh Gubernur Kaltim Isran Noor. Pemprov menyebut penghapusan tenaga honorer tahun depan tidak dilakukan karena masih dibutuhkan. TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD FAIROUSSANIY 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Terhitung di tahun 2023 Pemerintah RI menetapkan penghapusan tenaga honorer akhir November tahun depan.

Termaktub Surat Edaran Menteri PANRB, bernomor B/185/M.SM.02.03/2022, terkait status kepegawaian di lingkungan instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo dalam rilis resminya mengatakan, kebijakan diambil karena tidak jelasnya sistem rekrutmen tenaga honorer yang berdampak upah tenaga honorer kerap kali berada di bawah UMR.

"Tenaga honorer sekarang kesejahteraannya jauh di bawah UMR. Pemerintah dan DPR mencari jalan agar kompensasi tenaga honorer bisa setara dengan UMR," sebutnya.

Mengatur honorer saat ini dengan disesuaikan kebutuhan dan penghasilan layak sesuai UMR, maka model pengangkatannya melalui outsourcing.

Baca juga: Gubernur Kaltim Serahkan SK PPPK, Isran Noor: Silahkan Bekerja Maksimal

"Saat ini statusnya honorer tidak langsung diberhentikan tahun 2023. Tenaga non-ASN tetap dibutuhkan, hanya saja pola rekrutmen ke depan sesuai kebutuhan mendapat penghasilan layak, setidaknya sesuai UMR," terang Tjahjo Kumolo.

Namun begitu, kebijakan pemerintah pusat yang menghapus tenaga honorer ini tidak diberlakukan Pemprov Kaltim.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltim, Diddy Rusdiansyah menegaskan demikian, bahwa tidak akan menghapus honorer di Benua Etam.

"Pak Gubernur sudah memutuskan tidak akan menghapus tenaga honorer," tegasnya, Sabtu (11/6/2022).

Disambungnya bahwa nantinya Pemprov Kaltim akan tetap mengalokasikan anggaran melalui APBD untuk gaji para honorer.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved