Otomotif

Hobi Touring, Simak Trik Mudah Naik Motor Matik di Jalanan Pegunungan agar Aman dan Nyaman

Menghadapi jalan berkelok, tanjakan, hingga turunan curam tentu menjadi hal biasa bagi Anda yang hobi touring ke daerah dataran tinggi atau pegunungan

Editor: Diah Anggraeni
HO/YAMAHA
Penguasaan medan atau jalur cukup penting agar perjalanan touring di pegunungan tinggi aman dan nyaman. 

TRIBUNKALTIM.CO - Menghadapi jalan berkelok, tanjakan, hingga turunan curam tentu menjadi hal biasa bagi Anda yang hobi touring ke daerah dataran tinggi atau pegunungan.

Meski demikian, jalan yang menanjak atau turunan curam ini tidak jarang membuat pengendara terutama pengguna motor matik merasa was-was.

Seperti tidak kuat menanjak, bahkan hilang kendali saat melewati turunan tajam yang berujung pada kecelakaan.

Baca juga: Memiliki Peran yang Vital, Yuk Cari Tahu Maksud Warna-warna Cerah pada Sekring Mobil dan Motor

Instruktur Safety Riding & Driving GDDC (Global Defensive Driving Consulting), Andry Berlianto, mengatakan penguasaan medan atau jalur cukup penting agar perjalanan nyaman dan aman.

"Pahami karakter perjalanan seperti berliku, turunan, tanjakan, dan titik istirahat. Lalu pelajari apakah ada titik-titik rawan seperti kejahatan atau longsor," ujar Andry kepada GridOto.com, Kamis (9/6/2022).

Kemudian pastikan kendaraan dalam keadaan sehat sebelum melakukan perjalanan mulai dari mesin, sistem pengereman dan kualitas ban.

Setelah dirasa aman, usahakan pandangan harus jauh ke depan dan waspada bahaya setiap jalur baik itu jalan lurus dan berkelok.

Bila sobat melewati turunan tajam agar tetap aman, ia menyarankan tetap membuka gas sedikit jangan ditutup sampai habis.

"Saat turunan tidak menutup gas sepenuhnya untuk menghindari roda menjadi free wheel atau ngeblong dan tahan setengah putaran gas, serta stand by pada kedua tuas rem," jelas Andry.

Baca juga: Masih Sering Ditemukan, Perlukah Pengendara Motor Melambaikan Tangan ketika Hendak Berbelok?

Terakhir, Andry mengungkapkan hindari menyalip saat kondisi jalan menikung dan tidak terburu-buru saat melintas di jalan berkelok.

Halaman
12
Sumber: Grid.ID
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved