Berita Kukar Terkini

Hari Ini Puskesmas di Kutai Kartanegara Berikan Layanan KB Sejuta Akseptor, Gratis

Pemerintah Kabupaten Kukar melalui pusat layanan kesehatan masyarakat (Puskesmas) memberikan layanan Keluarga Berencana (KB) gratis secara serentak.

HO/WARGA
ILUSTRASI - Pelayanan KB gratis serentak satu juta akseptor yang digelar di seluruh desa Kabupaten Kutai Timur. HO/WARGA 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Pemerintah Kabupaten Kukar melalui pusat layanan kesehatan masyarakat (Puskesmas) memberikan layanan Keluarga Berencana (KB) gratis secara serentak.

Pelayanan KB gratis secara serentak itu meliputi pemasangan implan, IUD atau pemasangan alat kontrasepsi jangka panjang, suntik, pil, dan pemberian kondom.

Program ini dilaksanakan hari ini, Rabu (15/6/2022) di puskesmas yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara. Persiapan kegiatan ini juga sudah matang.

Pelayanan KB gratis serentak itu dimulai pada 08.00 Wita hingga 12.00 Wita. Masyarakat yang ingin mengikuti program tersebut dapat menghubungi bidan, kader atau penyuluh KB.

"Silakan datang, ada petugas kami yang akan memberikan pelayanan KB secara gratis. Ada suntik, pemasangan implan dan sebagainya," kata Kepala Dinas Kesehatan Kukar, Martina Yulianti.

Baca juga: Layanan KB Gratis untuk Warga Balikpapan, Link Pendaftaran Dibuka hingga 17 Februari

Baca juga: Pelayanan KB Gratis Satu Juta Akseptor di Kutim Lampaui Target, Tembus 105 Persen

Baca juga: Pelayanan KB Gratis di 21 Puskesmas Berau, Tidak Terkendala dengan Pandemi Covid-19

Pelaksanaan layanan KB serentak itu dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang jatuh pada 29 Juni mendatang.

Peringatan Harganas merefleksikan empat konsep pendekatan ketahanan keluarga yaitu keluarga berkumpul, keluarga berinteraksi, keluarga berdaya, serta keluarga peduli dan berbagi.

Selain itu, menguatkan kembali gerakan meja makan guna memaksimalkan delapan fungsi keluarga.

Di antaranya mencakup keluarga sebagai tempat pendidikan agama, cinta kasih, perlindungan, ekonomi, sosial pendidikan, reproduksi, sosial budaya, dan lingkungan.

Berikut Sejumlah Lokasi Puskesmas di Kukar yang Melayani Pelayanan KB Gratis Serentak:

Baca juga: Peringati Hari Kartini 2021, DPPKB Beri Pelayanan KB Gratis di Faskes Seluruh Kutai Timur

- Puskesmas Loa Kulu
Waktu: 08.00 - 11.00 Wita
Syarat: Foto kopi KK/KTP, Kartu KB, Kartu Berobat Puskesmas (warna Oren), Foto fopi BPJS (jika punya), Mematuhi Protokol Kesehatan

- Puskesmas Rapak Mahang
Waktu: 08.00 - 12.00 Wita
Syarat: Foto kopi KTP, KK, Mematuhi Protokol Kesehatan

- Puskesmas Mangkurawang
Waktu: 08.00 - 12.00
Syarat: Foto kopi KTP, KK, Mematuhi Protokol Kesehatan

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved