Disperindagkop Promosikan Produk UKM di Kaltim Melalui Area Komersial di Bandara Samarinda Baru

Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Provinsi Kaltim kini sedang mempersiapkan strategi untuk mengenalkan produk UKM

TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO HARDI PRASETYO
Kepala Disperindagkop dan UKM Provinsi Kaltim HM Yadi Robyan Noor saat ditemui TribunKaltim.co, Senin (20/6/2022). TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO HARDI PRASETYO 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Upaya agar produk lokal Benua Etam dikenal masyarakat luas Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur berinovasi melalui dinas terkait.

Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Provinsi Kaltim kini sedang mempersiapkan strategi untuk mengenalkan produk UKM di beberapa lokasi bandara yang ada di Indonesia.

"Iya jadi kami sedang menyiapkan rencana itu, serta telah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait. Alhamdulillah kemajuannya sangat positif," terang Kepala Disperindagkop dan UKM Provinsi Kaltim HM Yadi Robyan Noor, Senin (20/6/2022).

Display produk UKM Kaltim dilakukan di area VIP bandara maupun area komersial.
 
Display saat ini sudah terpampang di Bandara APT Pranoto (VIP dan komersial), Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan (komersial Gate 3 dan Gate 5), juga di Bandara Kalimarau Berau. 

Baca juga: Disperindagkop-UKM Kaltim Ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022

Baca juga: Resmikan Gedung Disperindagkop Kaltim, Isran Noor: Jangan Lihat Nilai Proyek Rp 53 M, tapi Investasi

Baca juga: Kantor Baru Disperindagkop Kaltim Telan Rp 53 Miliar, Siapkan 7 Pelayanan

"Bandara PT Badak Bontang juga akan kita pasang," ungkapnya.

Tak hanya di Kaltim saja, pemasangan display produk UMKM Kaltim di area komersil sedang dijajaki pihak Disperidagkop dan UKM Kaltim. 

"Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Internasional Yogyakarta dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali," ungkap HM Yadi Robyan Noor.

Di setiap bandara yang telah dipilih pihaknya, HM Yadi Robyan Noor menyampaikan akan dilengkapi televisi yang menginformasikan penjelasan tentang produk UKM yang dipajang. 

Selain itu juga akan disiapkan buku kecil tentang produk-produk itu.

Baca juga: Isran Noor Resmikan Kantor Baru Disperindagkop Kaltim, Inginkan Ada Peningkatan Pelayanan

Strategi ini dianggap sangat tepat, pasalnya jumlah kunjungan baik dari unsur pemerintah maupun masyarakat diprediksi akan terus meningkat dari waktu ke waktu menyusul penetapan Kaltim sebagai Ibu Kota Negara (IKN).

Target promosi ke depan sendiri bukan hanya penumpang pesawat, tetapi menyasar pengunjung bandara. 

Oleh karena itu, pihaknya juga terus menjalin koordinasi pihak PT Angkasa Pura 1 untuk pengaturan titik lokasi display.

"Bukan hanya itu, setiap outlet juga akan menyiapkan barcode untuk scan bagi para calon pembeli. Jadi, pembelian barang bukan hanya bisa dilakukan secara tunai, tapi bisa dilakukan melalui pemesanan dan transaksi secara elektronik," pungkas HM Yadi Robyan Noor. (Mohammad Fairoussaniy/ADV/Kominfo Kaltim)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved