Berita Balikpapan Terkini

Sambut Pemilu 2024, Partai Berkarya Kaltim Optimistis Raih 2 Kursi Tiap Wilayah

DPW Partai Berkarya Kaltim optimistis mampu merebut kursi legislatif pada Pemilu 2024 mendatang.

TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD ZEIN RAHMATULLAH
Rakorwil Partai Berkarya Kaltim di Balikpapan. Partai Berkarya menargetkan raih 2 kursi tiap wilayah. TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD ZEIN RAHMATULLAH 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - DPW Partai Berkarya Kaltim optimistis mampu merebut kursi legislatif pada Pemilu 2024 mendatang.

Mengingat pada Pemilu Legislatif 2019, Partai Berkarya hanya meraih empat kursi legislatif di tiga daerah, yakni dua kursi di DPRD Kutai Timur, satu kursi di DPRD Bontang, dan satu kursi di DPRD Paser.

Ketua DPW Partai Berkarya Kaltim Karmin Laonggeng menyebut, semua kadet bekerja lebih keras untuk mencapai tujuan dalam pemilihan mendatang pada tahun 2024.

"Artinya, ada orang yang duduk di parlemen di distrik kota setidaknya dua kursi di setiap distrik kota, dan khusus untuk beberapa distrik kota, tujuannya sangat menjanjikan, semua distrik di setiap daerah pemilihan memiliki," jelas Karmin, Minggu (26/6/2022).

Untuk meraih target itu, kata Karmin, harus terlebih dahulu mempersiapkan diri untuk lolos verifikasi aktual dan administratif KPU.

Baca juga: DPW Partai Berkarya Kaltim Target Raih Kursi DPRD Kabupaten dan Kota

"Diharapkan dengan persiapan ini agar Partai Berkarya di 10 kabupaten dan kota lolos verifikasi administrasi dan faktual untuk Pemilu 2024," paparnya.

"Tahapan verifikasi sudah dimulai pada internal partai, kita menentukan bahwa secara ril yang dilaporkan benar- benar nyata dan pada hari ini dibuktikan selama laporkan verifikasi internal kenyataannya benar dan positif," akunya.

Berdasarkan Pasal Pasal 172 hingga Pasal 179 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu) telah diatur tentang persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi oleh parpol calon peserta Pemilu serentak 2024.

"Ketentuan tersebut tertuang dan mutlak bahwa semua partai untuk provinsi harus 100 persen dan untuk kabupaten/kota 75 persen minimal dan untuk kecamatan 50 persen minimal dengan catatan dari seluruh kepengurusan anggota adalah terwakili 30 persen perempuan tidak bisa turun boleh lebih dan ini perhitungannya adalah 1/1000 dari jumlah penduduk masing-masing kabupaten/kota," jelasnya.

Baca juga: Belum Tentukan Sikap di Kontestasi di Pilkada, DPW Partai Berkarya Kaltim Masih Tunggu Pemilu 2024

Dia menambahkan Partai Berkarya lolos dalam tahap verifikasi administrasi dan faktual oleh KPU.

"Inilah yang menjadi acuan seluruh jajaran pengurus kabupaten/kota dan sampai kecamatan mau tidak mau sebagai pengurus dan Insan Berkarya harus mampu untuk sukses verifikasi administrasi dan faktual sukses Pemilu 2024," tukasnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved