Berita Paser Terkini

Cegah Gangguan Kamtib, Rutan Tanah Grogot Lakukan Pemeriksaan Teralis Hingga Gembok Hunian WBP

Meningkatkan keamanan dan deteksi dini terjadinya gangguan kamtib Rutan Kelas IIB Tanah Grogot lakukan pemeriksaan ruang tahanan.

Penulis: Syaifullah Ibrahim | Editor: Aris
Tribun Kaltim/Syaifullah
Petugas Rutan Tanah Grogot saat Pengecekan kawat Rutan. Pemeriksaan teralis, kawat duri hingga rolling gembok hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) guna mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban yang dilakukan oleh jajaran Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Rabu (29/6/2022) 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER -  Guna meningkatkan keamanan dan deteksi dini terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtib), Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Tanah Grogot lakukan pemeriksaan teralis, kawat duri hingga rolling gembok hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Giat tersebut dipimpin oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR), Ahmad Zaki Al-Hasni beserta staf dan regu pengamanan melalui instruksi Karutan Tanah Grogot, Doni Handriansyah, Rabu (29/6/2022).

Baca juga: Disporapar Paser Bersiap jadi Tuan Rumah Popda Kaltim 2022

Zaki menyampaikan, giat diawali dengan pemeriksaan teralis besi dan kawat duri bagian demi bagian, menggunakan alat bantu berupa besi panjang saat melakukan pengecekan.

"Pemeriksaan teralis besi dengan metode itu dilakukan untuk mengetahui jika ada teralis yang telah dipotong atau digergaji oleh WBP, guna melakukan pelarian diri dari Rutan. Namun, hasil pemeriksaan yang kami lakukan tidak didapati hal-hal yang mencurigakan tersebut," jelasnya.

Baca juga: Selama 6 Bulan Teakhir, Kejari Paser Tangani 45 Kasus Penyalahgunaan Narkotika

Disampaikan, pemeriksaan dianggap sangatlah penting untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban dalam Rutan.

"Hal ini penting untuk kita laksanakan bersama, karena keamanan adalah hal utama dalam bekerja di Rutan, tidak boleh lengah sedikitpun dan jangan sampai mempersulit pekerjaan kita kedepannya," tambah Zaki.

Tim pemeriksa juga melakukan pengecekan seluruh kunci dan gembok hunian WBP untuk memastikan berfungsi dengan baik.

Kemudian setelah itu, semua gembok di rolling antara satu dengan lainnya untuk digunakan di kamar hunian WBP.

Baca juga: Wujudkan Pembangunan Berkualitas, Bupati Paser Dukung Program Satu Data Tiap OPD

"Hal ini sebagai bentuk upaya pencegahan terhadap gangguan keamanan dan ketertiban dalam Rutan," kata Zaki.

Dikatakan, trolling juga rutin dilakukan tiap harinya oleh Karutan Tanah Grogot, maupun regu pengamanan Rutan pada jam-jam tertentu secara intensif.

Kontrol keliling atau Trolling merupakan agenda wajib yang harus dilakukan jajaran pengamanan Rutan tiap harinya, guna mengontrol ketertiban kegiatan warga binaan maupun memastikan kondisi bangunan Rutan dalam keadaan aman.

Baca juga: Belasan Desa di Paser jadi Proyek Pengembangan Wisata dan Ekonomi

"Kami lakukan pengecekan terhadap sudut-sudut bangunan yang rentan terjadi pelarian, atau dijadikan tempat persembunyian barang terlarang juga merupakan fokus dilakukannya trolling," tutup Zaki. (*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved