Otomotif

Hindari Gunakan Jas Hujan Model Ponco, Ternyata Ini Loh Bahayanya

Dalam memilih jas hujan sebaiknya jangan asal, perhatikan jenis serta bahan yang digunakan supaya dapat berfungsi dengan baik.

Editor: Diah Anggraeni
Motorplusonline
Ketika hendak membeli jas hujan, sebaiknya hindari model ponco karena dapat membahayakan keselamatan. 

TRIBUNKALTIM.CO - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sebagian besar daerah di Indonesia akan diguyur hujan selama periode Juni hingga September 2022.

Untuk itu, para pengendara sepeda motor wajib membawa jas hujan agar terhindar dari basah.

Namun, jangan asal memilih jas hujan ya!

Sebaiknya perhatikan jenis serta bahan yang digunakan supaya dapat berfungsi dengan baik.

Baca juga: Bikin Jas Hujan agar Tidak Mudah Rusak Ternyata Mudah, Perhatikan Hal Ini

Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Hariadi menjelaskan ketika hendak membeli jas hujan, sebaiknya hindari model ponco karena dapat membahayakan keselamatan.

"Dengan desainnya yang seperti jubah, bagian bawah jas hujan ponco dapat tersangkut di roda ataupun gir rantai motor," kata Hariadi belum lama ini.

Selain itu, jas hujan ponco disebut tidak efektif melindungi dari air hujan karena modelnya yang mudah berkibar ketika berkendara naik motor.

Baca juga: Penting Diketahui Pengendara Motor, Inilah Tiga Tipe Jas Hujan yang Dijual di Pasaran

Masih menurut Hariadi, sebaiknya pilih jas hujan setelan terdiri dari baju dan celana dengan ukuran yang sesuai bentuk tubuh, dalam arti tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

"Jas hujan yang terlalu besar akan menumpuk atau terlipat di beberapa bagian dan dapat tersangkut di roda maupun gir rantai," terangnya.

"Sedangkan jas hujan yang terlalu kecil dapat membuat ruang gerak menjadi terbatas dan tidak berfungsi menutupi pakaian dan tubuh dari terpaan air hujan," sambung Hariadi.

Halaman
12
Sumber: Grid.ID
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved