Berita Samarinda Terkini

Gali PAD Lewat Alur Sungai Mahakam, Pemkot Samarinda Siapkan Dua Kapal Assist dan Penggolongan

Pemkot Samarinda terus menakar perkembangan geliat ekonomi yang belum tergarap di alur Sungai Mahakam dan berpotensi menghasilkan PAD bagi Samarinda.

Penulis: Mohammad Fairoussaniy | Editor: Aris
Tribun Kaltim/Fairuz
Wali Kota Samarinda, Andi Harun saat meninjau sungai mahakam di bawah jembatan Achmad Amins sekaligus menghadiri launching program jasa pelayanan assist dan penggolongan, Kamis (30/6/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Pemerintah Kota Samarinda terus menakar perkembangan geliat ekonomi yang belum tergarap di alur Sungai Mahakam.

Potensi ini juga dianggap penting oleh Wali Kota Samarinda, Andi Harun guna meningkatkan sumber pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pelayanan pelayaran.

Meningkatkan PAD, program ekstensifikasi dan instensifikasi terhadap penerimaan daerah juga terus ingin digenjot terlebih melihat adanya kapal-kapal yang memanfaatkan Sungai Mahakam menjadi arus logistik.

Baca juga: Hendak Pindah Jalur, Seorang Pengendara Sepeda Motor di Samarinda Nyaris Tewas Terlindas Truk Tangki

Hari ini, Kamis (30/6/2022) pihak Pemkot Samarinda sendiri memulai (launching) dan melakukan kemitraan strategis dengan PT Pelindo IV Cabang Samarinda bersama Perumda Varia Niaga agar secara konsisten dan bertahap menggarap potensi pendapatan daerah dari sektor alur pelayaran Sungai Mahakam.

"Salah satu potensi yang belum tergarap maksimal adalah potensi Alur Sungai Mahakam," tegas Andi Harun.

Baca juga: Sindang Sari Samarinda jadi Kampung Iklim, Walikota Andi Harun: Beri Contoh soal Kebersihan

Pelayanan sektor assist dan penggolongan dibawah Jembatan Achmad Amins (eks Mahkota dua) resmi di launching guna mendapatkan PAD, setelah sebelumnya telah diuji coba selama satu bulan beroperasi.

Dua unit kapal Tugboat berkekuatan 2x1000 horse power siap melayani kapal-kapal yang akan melintas dibawah jembatan yang diresmikan tahun 2017 silam ini. 

Andi Harun memperkirakan revenue atau pendapatan dari sektor pelayanan ini sekitar Rp3 miliar perbulan.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Denpasar, Yogyakarta, Surabaya, Banjarmasin, Samarinda Hari ini Kamis 30 Juni 2022

"(Pendapatan) nanti dibagi secara bisnis to bisnis dengan Pelindo, pihak-pihak lain, termasuk Perumda Varia Niaga," sebutnya.

Sementara itu, Dirut Perumda Varia Niaga, Syamsudin Hamade menyebut dari pola kemitraan yang sudah ditanda tangani sebulan lalu, disebutnya baru satu Kapal Tugboat yang beroperasi.

Namun hari ini, pihaknya secara resmi menambah kembali satu unit kapal agar nilai potensi pendapatan meningkat.

Untuk kapal Tugboat sendiri, pihaknya sementara ini masih bermitra dengan pihak ketiga.

Baca juga: Hindari Tumpang Tindih, Pemkot Samarinda Telusuri Kepastian Dokumen HPL Kawasan Citra Niaga

Tetapi, tidak menutup kemungkinan ke depan, Perumda Varia Niaga memiliki unit tersendiri untuk pengoperasian assist dan penggolongan di alur Sungai Mahakam ini.

"Kalau kapal tentunya bermitra, pihak ketiga, tentunya harapannya ke depan punya sendiri. Karena kapal tugboat kalau mau membeli kan butuh waktu dan proses," tegasnya.

Sementara pihaknya sendiri saat ini bergerak di mulai dari Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang telah disepahami dengan beberapa pihak terkait.

Baca juga: Lanjutan Sidang Kasus Korupsi AGM di PN Samarinda, Hadirkan Saksi Rekanan Swasta

Sebelum nantinya merencanakan pembelian kapal Tugboat baru.

"Nah sambil menunggu, pakai dulu dengan mitra, direncanakan lagi nantinya," pungkasnya. (*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved