Berita Kukar Terkini

Polres Kukar Renovasi Mushola As Salam Wicaksana Laghawa, Ada Aksen Sentuhan Lokal

Kepolisian Resort Kutai Kartanegara (Polres Kukar ) rampung merenovasi sejumlah bangunan, salah satunya Mushola As Salam Wicaksana Laghawa

Penulis: Miftah Aulia Anggraini | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA
Polres Kutai Kartanegara rampung merenovasi sejumlah bangunan, salah satunya Mushola As Salam Wicaksana Laghawa, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur pada Kamis (30/6/2022). Konsep bangunan Mushola As Salam Wicaksana Laghawa juga mengkombinasikan aksen khas lokal Indonesia.  

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Kepolisian Resort Kutai Kartanegara (Polres Kukar ) rampung merenovasi sejumlah bangunan, salah satunya Mushola As Salam Wicaksana Laghawa di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur

Diketahui, nama Mushola As Salam Wicaksana Laghawa diambil dari bahasa sanksekerta. Artinya, bijaksana, cerdas, dan cekatan.

Dalam peresmian renovasi itu, hadir Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah, Ketua Komisi III DPRD Kukar Andi Faisal, dan Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura ke XXI.

Kapolres Kukar AKBP Arwin Amrih Wientama mengatakan, dalam renovasi sejumlah bangunan pihaknya mengedepankan kearifan lokal dipadu dengan sentuhan nasional.

Baca juga: HUT ke-76 Bhayangkara, Polres Kukar Gelar Lomba Sepeda Gembira Sampai Sumpit

Baca juga: Polres Kukar Tetapkan Kelurahan Panji Jadi Kampung Tangguh Anti Narkoba

Baca juga: Satreskoba Polres Kukar Amankan 20,25 Gram Sabu dari 2 Tersangka di Kutai Kartanegara dan Samarinda

Sebab, bukan hanya merenovasi Mushola saja, namun Polres Kukar juga merombak pagar dan gapura yang bernuansa kedaerahan.

"Renovasi ini kami inisiasi dengan mengedepankan kearifan lokal. Agar lebih mendekatkan diri dengan seluruh masyarakat dan untuk menjaga kondusifitas," ujarnya, Kamis (30/6/2022).

Sementara itu, renovasi sejumlah bangunan di Polres Kukar turut mendapat apresiasi dari pemangku kepentingan, seperti, Bupati Kukar Edi Damansyah.

Ia mengaku, merasa terinspirasi dengan Kapolres Kukar yang mengusung konsep bangunan denga mengedepankan kearifan lokal.

Bupati Edi Damansyah pun berencana akan menerapkan hal itu jika merombak Mushola di kawasan lingkungan perkantoran Pemkab Kutai Kartanegara.

"Desain musholla, pagar, dan gapura membuat saya terinspirasi. Kami akan pikirkan untuk merehab Mushola di Pemkab seperti apa yang dilakukan Kapolres, memberi sentuhan lokal," terangnya.

Baca juga: Diduga 2 Ekskavator dan Batu Bara di Lahan Konsesi, PT Bramasta Sakti Adukan ke Polres Kukar

Dalam kesempatan itu, Bupati Edi Damansyah juga bersyukur terhadap renovasi Mushola As Salam Wicaksana Laghawa yang rampung menjelang Hari Raya Idhul Adha.

Ia berharap musholla yang semakin nyaman untuk beribadah umat islam itu bisa digunakan dan dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan keimanan.

"Saya harap dengan semakin besarnya Mushola di Polres Kukar, bisa digunakan untuk menampung masyarakat melaksanakan ibadah sholat," imbuhnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved