Berita Kaltim Terkini

Pemprov Kaltim Sambut Baik Keinginan Australia Berkontribusi di IKN

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur baru-baru ini bertemu dengan Konsulat Jenderal Australia membahas terkait kerjasama kedua pihak.

Penulis: Mohammad Fairoussaniy | Editor: Aris
HO/Humas
Gubernur Kaltim Isran Noor saat bertemu bersama Konsulat Jenderal Australia Bronwyn Robbins di Kota Balikpapan. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur baru-baru ini bertemu dengan Konsulat Jenderal Australia membahas terkait kerjasama kedua pihak.

Dalam pertemuan kali ini, Gubernur Kaltim Isran Noor menyambut baik adanya keinginan Pemerintah Australia berkontribusi dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) hijau berkelanjutan serta peningkatan perdagangan keduanya.

Saat pertemuan itu, Gubernur Kaltim tidak sendiri, dia didampingi Kepala DPMPTSP, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Dinas PUPR Pera, Karo Adbang dan Kepala Bidang Perdagangan Disperindagkop.

Baca juga: Pemkab Berau Akan Presentasikan Lokasi RSUD ke Pemprov Kaltim

Sekadar diketahui Ekspor Kaltim ke Australia berupa komoditas kayu, alat berat, urea dan amonia.

Dalam catatan OPD terkait, periode Januari hingga Mei 2022 total ekspor Kaltim ke Australia bernilai 23,9 juta US Dollars.

Soal IKN hijau sendiri, Isran Noor menyampaikan bahwa ibu kota baru ini akan menjadi satu-satunya di dunia dan belum ada di Australia.

"Kami sangat senang, setuju berat dan terpenting sama-sama untung. Tapi lebih penting lagi, ada tindak lanjut setelah pertemuan ini," tegas Isran Noor, Kamis (7/6/2022).

Baca juga: Polda Kaltim Bekuk Pria di Samarinda Atas Dugaan Kepemilikan Barang Haram

"Kedubes Australia nanti juga akan pindah ke IKN. Kita siapkan areal lebih luas dan hijau di sana," imbuhnya.

Pertemuan yang dilakukan di ruang pertemuan lantai 9 Hotel Novotel Balikpapan, Selasa (5/7/2022) lalu ini berlangsung hangat.

Sementara itu, Konsulat Jenderal Bronwyn Robbins menyampaikan keinginan Pemerintah Australia di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese lebih mengeratkan lagi kerjasama dengan Provinsi Kaltim.

Baca juga: Ratusan Bintara Polri Dilantik Berpangkat Bripda di SPN Polda Kaltim

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved