Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Dilibatkan dalam Penamaan Gedung SPN

Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura turut dilibatkan dalam pemberian nama gedung-gedung di SPN Polda Kaltim di Desa Jonggon.

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Peninjauan lapangan dan pembahasan nama gedung SPN Polda Kaltim di Jonggon oleh pemkab, polda dan polres, serta kerabat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. 

TRIBUNKALTIM.CO - Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura turut dilibatkan dalam pemberian nama gedung-gedung di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Kaltim di Desa Jonggon, Kecamatan Loa Kulu.

Hal ini dilakukan saat peninjauan lapangan dan pembahasan nama gedung SPN Polda Kaltim di Jonggon, pekan tadi.

Baca juga: Salat Idul Adha di Kampung Halaman, Wabup Rendi Serahkan Dua Sapi Kurban

Acara dihadiri Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Akhmad Taufik Hidayat, sementara dari Kesultanan yakni H Aji Azuar Poeger gelar Adji Pangeran Hario Kesuma Poeger.

Sedangkan perwakilan SPN yakni Kepala pelayanan Umum Sumarlik dan Reiza Irwani Ahman Sub Koordinator Teknik Tata Bangunan dan Perumahan Ahli Muda.

Untuk diketahui, SPN dibangun di lahan 108 hektare yang dihibahkan Pemkab Kukar.

Terdapat 10 fasilitas yang dibangun oleh Pemkab Kukar di antaranya adalah gedung dojo, gedung poliklinik, kawasan halang-rintang, lapangan tembak, gedung laboratorium komputer, gedung kelas besar, gedung kelas kecil, gedung perpustakaan, gedung barak siswa yang terbagi dalam 2 klaster dan masing-masing klaster berisi 3 gedung, dan gedung barak pembentukan yang dapat dihuni sekitar 80 siswa.

Baca juga: Rakordal dan Evaluasi Semester I Tahun 2022, Bupati Kukar Minta OPD Ciptakan Terobosan Baru

Ditemui saat peninjauan, Asisten I Akhmad Taufik Hidayat mengatakan, kegiatan itu merupakan tindakan lanjutan dari rapat yang digelar pada 16 Juni lalu, tentang permohonan pemberian nama pada gedung-gedung yang dibangun melalui hibah Pemkab Kukar untuk SPN Polda Kaltim.

"Saat ini kita melihat lokasi dan kondisi gedung-gedung tersebut. Nantinya akan didiskusikan oleh kerabat Kesultanan nama apa yang cocok bagi tiap gedung sesuai kearifan lokal dan budaya di Kukar," ungkapnya.

Ia juga menyebutkan, ada beberapa gedung yang tidak boleh diberi mana sesuai kearifan lokal daerah yaitu gedung penjagaan utama, gedung utama, gedung makan dan lapangan utama.

Baca juga: Wabup Kukar Tinjau Rencana Pengerjaan Jalan Provinsi di Samboja

Akhmad berharap nama yang akan disematkan bisa disesuaikan dengan peruntukannya, dan hibah ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Kaltim khususnya Kukar. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved