Ibu Kota Negara

Jadwal Jokowi ke Jepang, Ada Forum Investasi hingga Usaha Bawa Perusahan ke IKN Nusantara

Forum investasi dengan perusahaan Jepang dijadwalkan akan ke Tokyo bersamaan dengan kunjungan Presiden Joko Widodo, termasuk soal IKN Nusantara,

Editor: Budi Susilo
Biro Pers Sekretariat Presiden/MUCHLIS JR
ILUSTRASI Presiden Joko Widodo (Jokowi ) saat menghadiri seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Dijadwalkan Presiden Jokowi akan ke Tokyo ada agenda forum investasi perusahaan. 

TRIBUNKALTIM.CO, TOKYO - Forum investasi dengan perusahaan Jepang dijadwalkan akan diadakan di Tokyo bersamaan dengan kunjungan Presiden Joko Widodo ( Jokowi).

Presiden Jokowi akan mendesak China dan Korea Selatan untuk berinvestasi lebih banyak di Indonesia juga yang memiliki cadangan nikel yang kaya, bahan utama baterai, dan berusaha menjadi pusat produksi kendaraan listrik regional.

Presiden Indonesia juga berharap untuk membawa perusahaan asing untuk bekerja di ibu kota baru, Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

 Presiden Republik Indonesia Jokowi dijadwalkan akan berada di Tokyo Jepang pada 27 Juli 2022.

Baca juga: Lahan 900 Hektare di IKN Nusantara untuk Istana Presiden, Markas TNI-Polri & Plasa

Baca juga: Jawaban KLHK soal Rusaknya Mangrove Teluk Balikpapan, Ahmad Betawi Akui tak Larang Investasi

Baca juga: Songsong Ibu Kota Negara Pindah, Penduduk Balikpapan Capai 200 Orang per Bulan

Kunjungan ini sebagai kunjungan balasan Jokowi karena beberapa waktu lalu PM Jepang pernah berkunjung ke Indonesia.

"Perjalanan sangat padat, ada kemungkinan tidak mengingap di Jepang, jadi kita langsung menuju negara lain," papar sumber Tribunnews.com, Kamis (14/7/2022).

Jokowi ke Tokyo dalam perjalanan ke China dan Korea Selatan berusaha untuk meletakkan dasar bagi KTT Kelompok 20 yang akan diselenggarakan oleh Indonesia pada bulan November 2022, sekaligus mengundang resmi dan kunjungan kehormatan ke negara-negara tersebut.

Jokowi berencana bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, Presiden China Xi Jinping dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol.

Baca juga: Ibu Kota Negara Pindah ke Kaltim, Beri Pengaruh Nyata Ekonomi Penajam Paser Utara

Kemungkinan untuk menjelaskan alasan bagi kehadiran Presiden Rusia Vladimir Putin di KTT saat AS dan negara-negara lain mendorong untuk mengecualikan Moskow atas invasinya ke Ukraina.

Selain itu Jokowi juga akan menyampaikan langsung rasa duka citanya atas meninggalnya mantan PM Jepang Shinzo Abe pada 8 Juli 2022.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved