Berita Berau Terkini

Pemkab Berau Akan Berlakukan Tandatangan Elektonik Untuk Pengurusan Administrasi di OPD

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau akan memberlakukan tanda tangan elektronik atau barcode dalam kepengurusan administrasi di setiap OPD.

Penulis: Renata Andini Pengesti | Editor: Aris
Tribun Kaltim/Renata
Asisten III Sekkab Berau, Maulidiyah. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau akan memberlakukan tanda tangan elektronik atau barcode dalam kepengurusan administrasi di setiap OPD. (Tribun Kaltim/Renata) 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau akan memberlakukan tanda tangan elektronik atau barcode dalam kepengurusan administrasi di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), guna meningkatkan sistem pelayanan kepada masyarakat.

Asisten III Setkab Berau, Maulidiyah mengatakan, tanda tangan elektronik atau barcode saat ini sudah mulai diberlakukan untuk mendukung sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE).

Ia menilai, langkah tersebut diambil untuk memberikan kemudahan dan keamanan dalam melayani masyarakat.

Baca juga: Perjalanan Karier Kakanwil Kemenag Kaltim Masrawan yang Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan di Kalteng

“Seperti di Disdukcapil Berau sudah memberlakukan itu. Mereka menerapkannya di Kartu Keluarga (KK),” ungkapnya kepada Tribunkaltim.co, Minggu (17/7/2022).

Lanjut Maulidiyah, tanda tangan elektronik yang terhubung dengan badan sandi negara dipastikan terjamin keamanannya.

“Jadi bila terjadi hal yang tidak diinginkan, mereka akan menjamin kalau tanda tangan tersebut benar-benar sah,” terangnya.

Baca juga: Data Lengkap 6 Korban Kecelakaan di Pulangpisau Kalteng, Ada Nama Kakanwil Kemenag Kaltim

Metode itu, katanya, akan mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Seperti pengurusan PBB dan SPPT yang membutuhkan banyak tanda tangan karena jumlah berkas yang banyak.

“Positifnya dapat menghemat juga, lebih efektif dan efisien. Karena itu kami arahkan untuk mengikuti tanda tangan elektronik ini,” katanya.

Sejauh ini, pemberlakuan tersebut sudah pada tahap penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan badan cyber pemerintah pusat, dan sedang menunggu SKPD untuk selanjutnya melakukan pengajuan ke Diskominfo Berau agar segera diproses penerapan sistemnya.

Baca juga: Info Beasiswa 2022: Beasiswa Indonesia Maju Tutup Tanggal Berapa? Link Pendaftaran di Sini

“Intinya yang bersifat untuk mempercepat pelayanan, harus segera mengajukan SKPD-nya,” jelasnya.

Kendati demikian, dirinya berharap semua SKPD segera melakukan pengajuan guna mendukung rencana Pemkab Berau dalam merealisasikan sistem pemerintah berbasis elektronik guna mencapai pelayanan yang efektif, efisien, dan akuntabel.

“Lebih cepat lebih baik melakukan pengajuan. Selain Disdukcapil, Bapenda dan DPMPTSP akan menyusul memberlakukan tanda tangan elektronik,” pungkasnya. (*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved