Ibu Kota Negara

Kaltim Dipilih Jadi Ibu Kota Negara, Minim Potensi Bencana Alam Jadi Salah Satu Pertimbangannya

Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) tengah berjalan dan minim potensi bencana alam.

Editor: Aris
Dok Kementerian PUPR
Ilustrasi desain IKN Nusantara. (Dok Kementerian PUPR) 

TRIBUNKALTIM.CO - Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) tengah berjalan.

Pasti pemerintah Pusat memiliki peretimbangan memilih Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) di Provinsi Kaltim untuk dijadikan kawasan IKN Nusantara.

Selain pertimbangan fisik lokasi, pertimbangan potensi-potensi kejadian bencana alam juga pasti turut dipertimbangkan dalam penetapan lokasi Ibu Kota Negara baru.

Baca juga: Andi Harun Ingin Badan Otorita IKN Libatkan Tenaga Lokal, Pemkot Samarinda Siap Tingkatkan SDM

Bahkan, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Republik Indonesia menyebutkan bahwa kawasan IKN Nusantara minim mitigasi bencana alam.

Hal itu diungkapkan Kepala BMKG RI Prof Dwikorita Karnawati saat menemui Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor di Kantor Gubernur Kaltim.

Dwikorita sendiri juga sempat menyinggung terkait mitigasi bencana di Benua Etam yang sangat minim, salah satunya tidak rawan gempa.

Dwikorita Karnawati menyampaikan, pihaknya akan selalu siap dalam memberi inforamasi ke pihak Pemprov Kaltim setiap pekan sebelum kejadian cuaca esktrim.

Baca juga: Istana Wapres di IKN Nusantara Kaltim akan Dilelang Lebih Dulu, Seperti Apa Desain Bangunannya?

"Sebagai informasi untuk tahun ini, pada umumnya, cuaca di Kaltim curah hujan normal. Bahkan, Benua Etam bukan lokasi rawan gempa. Wajar jika ditetapkan sebagai Ibu Kota Nusantara. Jika, ada kondisinya sangat kecil gelombang yang terjadi," ungkap Dwikorita Karnawati. 

Menanggapi itu, Gubernur Kaltim Isran Noor berterimakasih kepada BMKG RI yang selama ini selalu mengirim pesan tentang informasi terkait cuaca. 

Malah, Pemerintah Provinsi Kaltim sangat terbantu dengan adanta informasi yang disampaikan BMKG.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved