Isran Noor Minta Program Rumah Layak Huni untuk Warga Kaltim Dipercepat sebelum Masa Jabatannya Usai

Target percepatan untuk membangun rumah layak huni bagi warga kaltim yang prasejahtera kembali diungkapkan Gubernur Kaltim Isran Noor.

TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD FAIROUSSANIY
Gubernur Kaltim Isran Noor ingin rumah layak segera dibangun sebelum masa kepemimpinannya bersama Hadi Mulyadi berakhir pada 2023. TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD FAIROUSSANIY 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Target percepatan untuk membangun rumah layak huni bagi warga kaltim yang prasejahtera kembali diungkapkan Gubernur Kaltim Isran Noor.

Bahkan, Isran Noor ingin agar segera dipercepat sebelum masa periode kepemimpinannya habis.

Tahun 2022 dan 2023 Pemprov Kaltim membangun keluarga berkualitas, dengan memulai untuk berbenah pada rumah layak huni dengan sumber pembiayaannya dari dana CSR perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Benua Etam.

"Dan pembangunannya sudah dimulai, yang membangun adalah TNI, yang dipimpin Pangdam langsung," tuturnya, Rabu (20/7/2022).

Menurut Isran Noor, rumah adalah sumber utama berbagai persoalan keluarga.

Baca juga: Rumah Layak Huni Dibangun Tahun Ini, Groundbreaking Direncanakan Pemprov Kaltim Segera

Jika rumah terbangun dengan baik, misalnya daya sanitasi bagus, nyaman ditempati, otomatis kualitas dari keluarga tersebut juga meningkat.

"Kalau air, asal ada air hujan ditampung di tandon itu bisa digunakan atau sumur. Kalau usaha mereka punya. Lahan, ternak, tanaman sudah cukup, sekarang tinggal bagaimana mengatur sumber daya ekonomi tadi untuk menjadi bahan nutrisi," beber Isran Noor.

Lebih lanjut dia mengatakan, rumah sangat besar pengaruhnya. 

Mungkin belum ada penelitian terkait hal ini, tetapi Isran Noor berkeyakinan, bahwa salah satu kriteria kemiskinan adalah rumah.

Untuk meningkatkan kualitas hidup, juga dibutuhkan rumah yang layak untuk dihuni warga Kaltim.

"Makanya kami berniat dengan pak Wagub untuk membangun rumah layak huni ini segera, tahun 2022-2023. Karena kami itu akan berakhir 30 September 2023. Mudah-mudahan nanti, kebijakan selanjutnya bisa dilanjutkan sebelum selesai masa periode kami," ucap Isran Noor.

Baca juga: Dinas PUPR Kaltim Dilibatkan Dalam Menekan Stunting, Target Rumah Layak Huni Serta Air Minum

Sekadar diketahui, pihak perusahaan yang beroperasi di Kaltim disampaikan Isran Noor telah bersedia menyalurkan dana CSR-nya untuk mendukung pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat prasejahtera.

Pemprov Kaltim sendiri juga telah membentuk tim badan pengelola yang diketuai oleh mantan Kadis PUPR Kaltim. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved