Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Kukar Kaya Festival Genjot Ekonomi Masyarakat

Pemkab Kukar menggelar program Kukar Kaya Festival di setiap kecamatan dengan menggandeng UMKM guna memulihkan perekonomian masyarakat.

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Wabup Kukar Rendi Solihin menyapa masyarakat di Kembang Janggut Festival yang dimeriahkan artis dangdut Reza Zakaria. 

TRIBUNKALTIM.CO - Guna memulihkan perekonomian masyarakat, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui program Kukar Kaya Festival mengadakan berbagai festival di setiap kecamatan, dengan menggandeng pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Termasuk di Kecamatan Kembang Janggut yang mengadakan festival tersebut dimeriahkan artis dangdut Reza Zakaria jebolan D'Academy 2.

Baca juga: Tenggarong International Folk Art Festival Kembali Digelar, Diawali Kirab Budaya

Acara yang dihadiri Wakil Bupati Kukar H Rendi Solihin tersebut dipadati ribuan masyarakat Kembang Janggut di Lapangan Bola kecamatan setempat, pekan tadi.

H Rendi Solihin mengatakan, Kembang Janggut Festival merupakan salah satu program dari Kukar Idaman yaitu Kukar Kaya Festival yang dilaksanakan di setiap kecamatan di Kukar.

Sebelumnya dilaksanakan di Kecamatan Kota Bangun, Tenggarong Seberang, Sebulu, lalu Kembang Janggut dan selanjutnya 30 Juli-6 Agustus di Kecamatan Muara Muntai.

Ditargetkan 100 festival dalam periode ini, dengan tujuan untuk membangkitkan kembali perekonomian masyarakat.

Disebutnya, pada setiap festival akan ada pelaku UMKM yang ikut serta, diharapkan dengan adanya keramaian akan meningkatkan pendapatan masyarakat.

"Paling tidak setiap harinya ada seribu pengunjung yang datang untuk berbelanja di festival ini," ujarnya.

Baca juga: Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Dilibatkan dalam Penamaan Gedung SPN

Selanjutnya, kata Rendi, selain mulai terlaksananya Kukar Kaya Festival yang dilaksanakan secara bertahap, ada juga program Rp 50 juta per RT yang telah bergulir.

Pada kesempatan tersebut, Wabup Rendi memberikan 2 smartphone kepada para penonton yang bisa menjawab pertanyaan.

Dalam acara tersebut juga dibagikan hadiah bagi para pemenang festival didampingi Wakil Ketua DPRD Kukar, Didik Agung Eko Wahono yang sempat diberikan kue ultah oleh Wakil Bupati H Rendi Solihin.

Turut hadir Camat Kembang Janggut Tego Yuwono, Anggota DPRD Kukar Guntur, Kepala Dishub Kukar Ahmad Junaidi, Dinas Pariwisata Heri Rusnadi dan Kades se-Kecamatan Kembang Janggut. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved