Ibu Kota Negara

Lewat Berbagai Ajang Kegiatan, Bisa Ciptakan Iklim Investasi di Kaltim demi Menopang IKN

Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) memiliki ragam kebudayaan, pariwisata dan penduduk heterogen sudah menjadi modal untuk menarik minat investor.

HO/TRIBUNKALTIM.CO
Momen saat Presiden Joko Widodo bersama Gubernur Kaltim Isran Noor berkunjung ke lokasi IKN dan Kota Samarinda pada Juni 2022 lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) memiliki ragam kebudayaan, pariwisata dan penduduk heterogen sudah menjadi modal untuk menarik minat investor.

Terlebih usai ditetapkan sebagai Ibu Kota Negara (IKN), tentunya perlu ada upaya semua pihak guna mengampanyekan serta memberikan informasi kepada masyarakat luas, bahkan investor untuk turut serta mendukung pembangunan di Kaltim. 

Dalam beberapa pekan ini, diketahui ada beberapa ajang di Kaltim, bertaraf nasional bahkan hingga internasional yang bisa jadi ajang promosi terkait IKN.

Sebut saja, Festival Sekerat di Kutai Timur dan Tenggarong International Folk and Art Festival (TIFAF) 2022 yang tengah berlangsung di Kutai Kartanegara.

"Melalui event ekshibisi, festival, expo dan pameran yang diselenggarakan ataupun diikuti oleh organisasi perangkat daerah lingkup Pemprov Kaltim skala regional maupun nasional bahkan internasional," tutur Gubernur Kaltim, Isran Noor. 

Baca juga: Agustus Groundbreaking IKN Nusantara di Kaltim, Wagub Hadi Mulyadi: Pak Jokowi Datang Lagi

"Agar menjadi langkah yang strategis dan masif dalam menyebarluaskan promosi berkenaan profil daerah, potensi serta peluang investasi di Kaltim dan Ibu Kota Nusantara (IKN) di berbagai sektor,” imbuhnya

Sebagai lokasi IKN, Kaltim tentunya menjadi pusat perhatian dan magnet bagi para pelaku usaha kecil, menengah hingga penanam modal dalam negeri maupun asing.

Untuk itu, semua perangkat daerah harus lebih kreatif dan ikut mempromosikan, serta masyarakat pelaku usaha juga harus terlibat aktif dan kreatif menyongsong pemindahan dan pembangunan IKN ini. 

"Nantinya juga akan memperkuat perekonomian daerah dan kesejahteraan rakyat," kata Isran Noor.

Lebih jauh langkah Pemprov Kaltim dalam memperkuat investasi, mempunyai tiga strategi.

Pertama, memberikan kemudahan dalam berbisnis atau berusaha baik kepada investor atau pelaku UMKM.

Baca juga: Gaspol! Hetifah Kembali Fasilitasi Konten Kreator Promosikan Pariwisata dan Ekraf di IKN

Lalu kedua, bagi investor yang masuk ke Kaltim harus melibatkan atau bekerja sama dengan pelaku UMKM, agar step by step usaha kecil bisa terus berkembang menjadi besar.

"Terakhir (ketiga) melakukan promosi investasi yang fokus berdasarkan sektor dan negara tujuan promosi. Dengan kebijakan promosi yang fokus pada investasi di sektor infrastruktur serta pengembangan sumber daya manusia, guna menyongsong IKN," ucap Isran Noor.

(Mohammad Fairoussaniy/ADV/Kominfo Kaltim)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved