Berita Kaltim Terkini

Temui Wagub Kaltim, Bupati Mahulu Usulkan Bangun Bandara, Siapkan Lahan 250 Ha di Ujoh Bilang 

Sebagai kabupaten termuda di Provinsi Kalimantan Timur, Mahakam Ulu juga terus berbenah serta mengakselerasi pembangunan infrastruktur di wilayahnya.

HO/TRIBUNKALTIM.CO
Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi saat bertemu Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh didampingi Sekretaris Daerah Mahakam Ulu Stephanus Madang di Rumah Dinasnya di Jalan Milono, Kota Samarinda, Jumat (22/7/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Sebagai kabupaten termuda di Provinsi Kalimantan Timur, Mahakam Ulu juga terus berbenah serta mengakselerasi pembangunan infrastruktur di wilayahnya.

Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi pada Jumat (22/7/2022) menerima kunjungan Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh di dampingi Sekretaris Daerah Mahakam Ulu, Stephanus Madang di Rumah Dinasnya di Jalan Milono, Kota Samarinda.

Pada kesempatan ini, Bonifasius menyampaikan usulan rencana pembangunan bandar udara di ibu kota Kabupaten Mahulu, Ujoh Bilang.

Rencana bandar udara ini, lahan sendiri juga telah disiapkan oleh pihaknya

"Untuk lahan sudah klir Pak Wagub. Sekarang menunggu penlok (penetapan lokasi) dari pusat," ujar Bonifasius.

Baca juga: Minim Infrastruktur Jalan jadi Kendala Perluasan Jaringan Listrik di Kubar dan Mahulu

Kehadiran bandara baru nantinya akan sangat membantu kemajuan wilayah Mahulu. 

Menurut Bonifasius, layanan penerbangan juga akan memudahkan akses ke Kabupaten Mahakam Ulu dengan daerah terdekat.

Mahakam Ulu akan mudah terhubung dengan Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kota lain di Kaltim semisal Balikpapan dan Samarinda, bahkan kota negara tetangga Malaysia, Kuching di Serawak.

Pihaknya juga telah menyiapkan lahan seluas 250 hektare guna terealisasinya rencana pembangunan bandara tersebut.

"Tanah sudah ada kurang lebih 250 hektare, bersertifikat. Lahan milik Pemkab Mahulu berada di sekitar Ujoh Bilang. Nantinya lahan itu akan kita hibahkan ke pusat (Kementerian Perhubungan) agar bisa dibangun bandara," bebernya.

Baca juga: Pemkab Mahulu Tingkatkan Ketahanan Pangan, Bupati Buka Rakor dan Evaluasi Pemerintah Kampung

Usulan bandara sendiri dibangun dengan panjang 1.600 meter untuk tahap awal dan 3.000 meter guna pengembangan.

Selain usulan rencana pembangunan bandara, Bonifasius turut menyampaikan permohonan dukungan pelaksanaan proyek jalan dan jembatan di Mahulu.

Terkait usulan yang disampaikan, Hadi Mulyadi sangat mendukung penuh, termasuk meminta agar segera diusulkan kembali ke Komisi V DPR RI di mana ada perwakilan Kaltim yang duduk menjadi anggota legislatif.

"Agar segera bisa dibantu diwujudkan," ucap Hadi Mulyadi.

Melihat data-data yang diperlukan sudah lengkap, maka usulan terkait pembangunan infrastruktur bandara di Mahakam Ulu sebetulnya bisa segera direalisasikan.

"Mudah-mudahan bisa jadi agenda prioritas pemerintah pusat," kata Hadi Mulyadi. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved