Virus Corona di Kaltim

Isran Noor Minta Maskapai Penerbangan Perketat Prokes bagi Pelaku Perjalanan demi Cegah Covid-19

Syarat perjalanan melalui udara menggunakan maskapai penerbangan di sejumlah bandara di Kalimantan Timur wajib melampirkan bukti telah melakukan vaksi

HO/TRIBUNKALTIM.CO
Gubernur Kaltim Isran Noor berada di Bandara SAMS Sepinggan, Kota Balikpapan, beberapa waktu lalu, meninjau maspakai penerbangan yang membuka rute baru di Kaltim. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Syarat perjalanan melalui udara menggunakan maskapai penerbangan di sejumlah bandara di Kalimantan Timur wajib melampirkan bukti telah melakukan vaksinasi ketiga atau booster.

Sementara untuk masyarakat yang baru melaksanakan vaksinasi dosis dua, diberlakukan syarat untuk melampirkan hasil tes RT PCR yang berlaku selama 3x24 jam, atau hasil tes Swab Antigen yang berlaku selama 1x24 jam.

Selain itu, masyarakat juga diminta mematuhi protokol kesehatan (prokes) dengan memakai masker selama melakukan perjalanan guna mencegah penularan Covid-19.

Gubernur Kaltim Isran Noor sendiri juga turut meminta semua perusahaan maskapai penerbangan yang beroperasi di Benua Etam ikut meningkatkan prokes sebagai langkah kewaspadaan.

Pesan, menurut orang nomor satu di Kaltim ini, penting dilakukan.

Baca juga: UPDATE Covid-19 Kaltim, 3 Daerah Nihil Kasus Positif dan Balikpapan Masih Zona Merah

Pasalnya, maskapai penerbangan sangat berhubungan dengan pergerakan manusia (masyarakat) di dalam pesawat, di mana potensi penularan cukup berisiko.

"Saya minta perusahaan maskapai penerbangan lebih disiplin mengatur dan mengarahkan penumpang (masyarakat) untuk tetap prokes," ucap Isran Noor, Sabtu (23/7/2022).

Tidak hanya maskapai penerbangan saja, namun adanya stakeholder terkait di bandara juga dimintanya meningkatkan prokes.

Petugas bandara secara khusus, agar tetap menjaga kepatuhan penumpang dan masyarakat di area bandara.

"Saya mengkhawatirkan kalau lalai, nanti akan meledak lagi (kasus Covid-19). Kita juga yang repot nanti tidak bisa ke mana-mana lagi," ujar Isran Noor.

Terlebih sebagai Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kaltim, Isran Noor melihat adanya lonjakan kasus positif beberapa waktu terakhir, dan ini juga terjadi di sejumlah negara. 

Baca juga: Balikpapan Masuk Zona Merah Covid-19, Okupansi Restoran BSB Seafood 45 Turun 20 Persen

Penularan juga antara lain berpotensi terjadi saat berada dalam rute penerbangan (pelaku perjalanan, baik itu di dalam pesawat maupun di areal bandara.

"Jadi memang tidak bosan-bosannya mengingatkan, mari tetap patuhi protokol kesehatan (prokes)," ucap Isran Noor.

(Mohammad Fairoussaniy/ADV/Kominfo Kaltim)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved