Ibadah Haji 2022

Jemaah Haji Kaltim Akan Cek Kesehatan Setiba di Embarkasi Balikpapan Awal Agustus, Tak Ada Karantina

Awal Agustus 2022 ini jemaah haji asal Kalimantan Timur (Kaltim) akan kembali ke Indonesia dan akan mendarat di embarkasi haji Kota Balikpapan.

Editor: Aris
Tribun Kaltim/Dwi Ardianto
Calon Jemaah Haji di Kaltim. Suasana di Embarkasi Balikpapan ketika pemberangkatan kloter terakhir calon jemaah haji dari dua Kabupaten/Kota di Kaltim, Jumat (1/7/2022) malam. (Tribun Kaltim/Dwi Ardianto) 

TRIBUNKALTIM.CO - Awal Agustus 2022 ini jemaah haji asal Kalimantan Timur (Kaltim) akan kembali ke Indonesia dan akan mendarat di embarkasi haji Kota Balikpapan.

Jemaah haji Kaltim itu rencananya bersama dengan jemaah haji dari Kalimantan Utara (Kaltara) dan Sulawesi Tengah (Sulteng).

Diperkirakan sekitar 2 ribu lebih jemaah yang terbagi 8 kelompok terbang (kloter) akan datang bulan Agustus sesuai jadwal ditentukan.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur, Ahmad Ridhani menerangkan.

Baca juga: Jamaah Haji Dijadwalkan Datang Awal Agustus di Embarkasi Balikpapan

"Untuk embarkasi Balikpapan kloter pertama tangga 3 Agustus," sebutnya, pada Tribunkaltim.co, Senin (25/7/2022).

Persiapan-persiapan pemulangan juga tengah dilakukan pihak-pihak terkait termasuk Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah.

Lantaran masih pada fase pandemi Covid-19, Ridhani juga menyebut nantinya para jemaah secara bertahap akan dilakukan pemeriksaan tes kesehatan sesuai regulasi yang berlaku.

Dimana sesuai edaran Kemenkes RI, akan diberlakukan protokol kesehatan (prokes) Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN).

Baca juga: Jamaah Haji Asal Berau yang Sehat Tidak Perlu Karantina

"Pengecekan kesehatan di embarkasi, namun tidak ada karantina," tukasnya.

Ditanya terkait kondisi jemaah haji embarkasi Balikpapan selama berada di Arab Saudi yang mana saat pelaksanaan ibadah haji, cuaca di Tanah Suci mencapai 33 sampai 47 derajat celcius.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved