Berita Kukar Terkini

Perjalanan Menparekra Sandiaga Uno ke Desa Wisata Pela Kukar, Curhat Perut Sempat Terkocok

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menceritakan pengalaman perjalanannya menuju Desa Wisata Pela, Kabupaten Kukar

TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat meninjau Desa Pela, Kukar.TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI 

TRIBUNKALTIM.CO,TENGGARONG- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menceritakan pengalaman perjalanannya menuju Desa Wisata Pela, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Desa yang terletak di Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara itu telah dinobatkan sebagai 50 besar desa wisata terbaik di Indonesia.

Namun sayang, akses jalan menuju lokasi tersebut belum semulus yang dibayangkan.

Masih banyak lubang dan jalan yang perlu mendapat sentuhan.

Ditelisik, akses jalan menuju Desa Wisata Pela itu merupakan jalan berstatus nasional.

Untuk menempuh perjalanan sejauh 58 kilometer diperlukan waktu 2,5 jam dari pusat pemerintahan di Tenggarong.

Baca juga: Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik di Indonesia, Sandiaga Uno Takjub Kunjungi Desa Pela di Kukar

Baca juga: Desa Pela di Kukar, Berkonsep Ekowisata yang Suguhkan Panorama Alam

Baca juga: Masuk 50 Besar ADWI 2022 Kemenparekraf RI, Berikut Persiapan Pokdarwis Desa Pela Kukar

Dua jam perjalanan adalah waktu yang dibutuhkan untuk menempuh perjalanan darat menggunakan roda dua atau roda empat dengan menggunakan jalur darat.

Sementara 30 menit perjalanan selanjutnya harus ditempuh dengan moda transportasi air menggunakan kapal feri maupun kapal klotok yang hanya cukup memuat 7-10 orang.

"Memang saya merasakan perut saya seperti dikocok ketika menuju ke sini. Mungkin kalau ada orang hamil bisa keguguran," ujar Sandiaga berseloroh.

Hal tersebut menjadi perhatian tersendiri bagi Mas Menteri, panggilan akrab Sandiaga.

Ia pun mengaku akan segera berkoordinasi dengan Kementerian PUPR.

Mengingat, pembangunan interkoneksi infrastruktur di wilayah sekitar Ibu Kota Nusantara (IKN) juga sejalan dengan keinginan Presiden Joko Widodo.

"Dengan infrastruktur yang merata ekonomi rakyat akan semakin sejahtera. Apalagi geliat destinasi wisata mulai meningkat sekira 30 persen pada tahun 2022," katanya.

Baca juga: Belajar dari Desa Pela, Plt Kepala Disdbudpar PPU Bakal Bentuk Desa Wisata di Babulu Laut

Saat berada di Desa Wisata Pela, Sandiaga menjamin, pemerintah pusat akan membangun fasilitas yang saling terhubung dan berkeadilan.

"Saya akan catat masukan ini dan saya akan kordinasikan dengan Menteri PUPR, mudahan bisa segera direalisasikan infrastruktur untuk menuju Ibu Kota Nusantara," tandas Sandiaga Uno. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved