Berita Samarinda Terkini

Kemenkes RI Dorong Fasilitas Alkes Rumah Sakit Memakai Produk Dalam Negeri

Perwakilan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia hadir dalam gelaran pameran yang diselenggarakan Gabungan Pengusaha perusahaan alat kesehatan

Penulis: Mohammad Fairoussaniy | Editor: Aris
Tribun Kaltim/Fairuz
Direktorat ketahanan Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes RI, Lupi Trilaksono mendorong Pemprov Kaltim juga mendukung penggunaan produk alkes dalam negeri. (Tribun Kaltim/Fairuz) 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Perwakilan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia hadir dalam gelaran pameran yang diselenggarakan Gabungan Pengusaha perusahaan alat kesehatan dan laboratorium (Gakeslab) Indonesia di Kota Samarinda, Kamis (28/7/2022).

Direktorat ketahanan Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes RI, Lupi Trilaksono saat ditemui mengatakan pihaknya juga akan mendorong fasilitas alkes Rumah Sakit di Indonesia guna memakai produk dalam negeri.

Dalam catatannya pula, keinginan pihaknya untuk di Ibu Kota Nusantara nantinya semua fasiilitas kesehatan rumah sakit memakai produk dalan negeri.

Baca juga: Tim Beregu Tenis Meja Junior Bontang Sabet 4 Medali Emas di Kejuaraan Provinsi Kaltim

Sesuai instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 tahun 2022 yang dikeluarkan Kepala Negara.

Kehadiran IKN bakal jadi semangat untuk meningkatkan produksi alat kesehatan dalam negeri.

"Walau saat ini kita tahu tidak semua diproduksi di dalam negeri. Karena ada beberapa teknologi tinggi yang belum kita kuasai," sebutnya.

Baca juga: EKSKLUSIF - Iwan Wahyudi Bicara Milenial Balikpapan, PPP Terbuka dan Siap Akomodir jadi Caleg

Kemenkes RI juga mendorong produsen dan distributor alkes agar konsisten untuk membuat dan membeli produk alkes dalam negeri.

"Tapi dengan konsisten, dengan membeli produk dalam negeri, tidak menutup kemungkinan kita membangun rumah sakit dan sarana kesehatan dengan prioritas produk dalam negeri," tegasnya.

Penggunaan alkes dalam negeri juga diharapnya agar merata di Provinsi Kaltim, rumah sakit daerah sampai ke tngkat puskemas membeli industri dalam negeri. 

Baca juga: Disbun Kaltim Ingin DBH Kelapa Sawit Sebesar-besarnya untuk Daerah Penghasil

"Nantinya distributor alkes dalam negeri mendukung ini, agar ada jaminan menjual juga, mendukung produk dalam negeri," tandas Lupi Trilaksono. (*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

 

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved