Virus Corona

Vaksinasi Covid-19 Dosis Keempat akan Diterapkan, IDI Beri Tanggapan Atas Rencana Ini

Setelah adnya program vakasinasi covid-19 dari satu hingga tiga, kini direcanakan ada lagi vaksinasi covid-19 untuk tahap empat.

Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/BUDI SUSILO
ILUSTRASI Warga Balikpaan kenakan masker di area publik, wujud disiplin protokol kesehatan untuk tangkap penyebaran Covid-19 di Kalimantan Timur, Jumat (29/7/2022). Rencananya akan ada vaksinasi Covid-19 dosis tahap keempat. TRIBUNKALTIM.CO/BUDI SUSILO 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Setelah adanya program vaksinasi covid-19 dari satu hingga tiga, kini direncanakan lagi vaksinasi covid-19 untuk tahap empat. 

Program vaksinasi covid-19 tahap empat ini tentu saja diharapkan agar maksimal mencapai herd immunity. 

Sampai sejauh mana tanggapan masyarakat atas rencana program vaksinasi tahap empat tesebut. 

Kali ini datang dari Ikatan Dokter Indonesia. Memberikan tanggapan soal rencana program vaksinasi covid-19 di Indonesia. 

Baca juga: UPDATE Virus Corona di Kaltim, Kasus Covid-19 Naik tapi Tidak Diiringi dengan Laporan Kematian

Baca juga: Menuju Indonesia Tangguh, Binda Kaltim Genjot Vaksinasi Covid-19 dan Campak Rubella

Baca juga: Bandara Kalimarau Berau Siapkan Lokasi Vaksinasi Covid-19, Mudahkan Para Pemudik

Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian penyakit Kementerian Kesehatan RI mengeluarkan Surat Edaran No HK 02.02/C/ 3615 /2022 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster Ke-2 bagi sumber daya manusia kesehatan.

Hal ini dikarenakan sumber daya manusia (SDM) kesehatan merupakan kelompok yang memiliki risiko tinggi terpapar Covid-19, selain juga mempertimbangkan semakin banyaknya jumlah tenaga kesehatan yang terinfeksi Covid-19.

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), dr M. Adib Khumaidi, SpOT mengatakan bahwa tujuan utama vaksinasi Covid-19 ini untuk melindungi dari tingkat rawat inap di Rumah Sakit, keparahan, dan kematian.

Oleh karena itu, dosis booster diperlukan karena imunitas terhadap Covid19 mulai menurun setelah enam (6) bulan keatas dari vaksinasi terakhir.

Baca juga: Gerakan Etam Mengaji di Tenggarong Kukar, Ada Gerai Vaksinasi Covid-19 di 2 Lokasi

Selain itu, varian baru juga memiliki sifat yang jauh lebih menular.

Namun IDI juga meminta pemerintah tetap mendorong vaksinasi booster atau dosis ketiga bagi masyarakat agar kekebalan komunitas tercapai.

IDI menyambut baik Booster kedua vaksinasi Covid untuk tenaga Kesehatan ini.

Vaksinasi terbukti telah menyelamatkan banyak nyawa, mengurangi tekanan pada fasilitas Kesehatan dan memungkinkan kita belajar hidup dengan virus.

Namun meski telah divaksinasi baik booster ataupun bukan, seluruh tenaga Kesehatan harus tetap melaksanakan protokol kesehatan ketat.

Tentu saja dengan menggunakan Alat pelindung Diri (APD) saat pelayanan Kesehatan.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved