Berita Berau Terkini

Kemenkes Keluarkan Edaran Vaksin Dosis Empat Bagi Nakes, Ini Tanggapan Kepala Dinkes Berau

Kemenkes RI mengeluarkan surat edaran tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster ke-2 atau dosis empat bagi tenaga kesehatan.

Editor: Aris
TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara terus menggalakkan program vaksinasi dosisi keempat untuk mempercepat terbentuknya Herd Immunity. (TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO) 

TRIBUNKALRIM.CO - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit mengeluarkan surat edaran nomor HK.02.02/C/3615/2022 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster ke-2 bagi SDM Kesehatan atau tenaga kesehatan (Nakes).

Artinya, pemerintah serius menjalankan program vaksinasi lanjutan kepada masyarakat yakni vaksinasi dosis empat atau booster kedua.

Namun, saat ini beberapa daerah belum menerima petunjuk turunan langsung dari pemerintah pusat terkait pelaksanaannya, salah satunya di Kabupaten Berau.

Baca juga: Vaksinasi Booster Kedua Difokuskan buat Nakes, Dinkes Berau Tunggu Edaran

Dimana, pemerintah Kabupaten Berau melalui Kepala Dinas Kesehatan Berau, Totoh Hermanto mengungkapkan, pihaknya secara resmi pihaknya belum menerima turunannya.

“Booster kedua bisa diberikan enam bulan setelah vaksinasi booster pertama,” bebernya kepada TribunKaltim.co, Senin (1/8/2022).

Pemberian booster untuk meningkatkan dukungan dan kerja sama pemerintah daerah dan fasilitas pelayanan kesehatan dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat.

Vaksin yang digunakan untuk dosis booster kedua, yakni vaksin yang telah mendapatkan persetujuan penggunaan dalam kondisi darurat atau emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan memperhatikan ketersediaan vaksin.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Dosis Keempat Mulai Diberi kepada Tenaga Kesehatan

Pihaknya siap jika instruksi tersebut secara resmi dikeluarkan.

Menurutnya, hal itu sangat bagus untuk kekebalan tubuh nakes. Apalagi saat ini terjadi peningkatan kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Berau.

Berdasarkan rilis Dinkes Berau, per Senin, (1/8/2022) menunjukkan 21 kasus aktif terdeteksi.

“Kami selalu siap, asalkan stok vaksin juga tersedia. Rata-rata nakes sudah mendapat dosis pertama untuk booster. Jika memang diwajibkan booster kedua, tidak masalah,” ungkapnya.

Baca juga: Jadwal Lengkap dan Lokasi Vaksinasi Booster di Sangatta Kutai Timur Hari Ini Senin 1 Agustus 2022

Berdasarkan data, nakes yang telah divaksin booster pertama sebanyak 2.303 nakes. Sedangkan, jumlah vial dosis booster kedua tentunya sudah mencukupi.

Sementara, pihaknya masih terus meningkatkan capaian vaksin booster pertama di masyarakat. Diketahui baru mencapai sekira 33 persen saja, masih jauh dari target.

“Kalau target nasional, wajib 85 persen booster dosis pertama. Kami sudah berupaya membujuk masyarakat dengan membuka gerai, namun capaian masih rendah,” ucapnya.

Baca juga: Jadwal Lengkap dan Lokasi Vaksinasi Booster di Penajam Paser Utara Hari Ini Senin 1 Agustus 2022

Totoh mengingatkan, masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Kembali menggunakan masker di dalam maupun di luar ruangan.

“Kami akan terus upayakan agar Berau terbebas dari Covid-19,” ucapnya. (*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved