Berita Kaltim Terkini

Berikut Skema Usulan DBH Kelapa Sawit yang Diajukan Pemprov Kaltim dan Daerah Penghasil Kelapa Sawit

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan daerah penghasil kepala sawit bisa bernapas lega terkait usulan Dana Bagi Hasil (DBH) kelapa sawit.

Editor: Aris
Tribun Kaltim/Zainul
Petani kelapa sawit di Kabupaten Kutai Barat. (Tribun Kaltim/Zainul 

TRIBUNKALTIM.CO - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan daerah penghasil kepala sawit bisa bernapas lega terkait usulan Dana Bagi Hasil (DBH) kelapa sawit.

Pasalnya, usulan tersebut nampaknya akan terwujud dalam waktu dekat ini.

Sebelumnya, Pemerintah provinsi Kaltim yang diinisiasi Gubernur Kaltim Isran Noor telah mengusulkan DBH Sawit ini pada bulan Mei 2022 lalu guna menggerakkan daerah penghasil untuk mendukung DBH Sawit.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan beberapa daerah lain penghasil penghasil kelapa sawit memasukan komoditas ini dalam skema pemberian dana bagi hasil (DBH) dari pusat ke daerah.

Baca juga: Pemprov Kaltim Usulkan 90 Persen Pendapatan Bea dan Ekspor Sawit Masuk ke Daerah

Penyusunan dokumen usulan pemerintah provinsi bersubstansi pada Peraturan Pemerintah sebagai Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah.

Hal tersebut dinilai sebagai upaya dan perjuangan daerah penghasil sawit dalam pelaksanaan keberlanjutan pembangunan daerah.

Terbaru, saat rapat koordinasi di Kota Balikpapan pada akhir bulan Juli lalu, pembahasan penambahan terkait skema dana bagi hasil sumber daya alam berlangsung di Hotel Platinum, Balikpapan, Kamis (28/7/2022).

Baca juga: Bawa Aspirasi Warga Kutim, Ini yang Disampaikan Wakil Ketua DPD RI Mahyudin ke 2 Perusahan Sawit

Rapat koordinasi lalu, diikuti 22 perwakilan daerah penghasil sawit secara daring maupun luring.

Termasuk 10 kabupaten/kota di Kaltim.

Bertanya perkembangan hal ini, Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi saat ditanya, mengatakan sampai saat ini DBH sawit tengah godok. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved