Virus Corona di Kaltim

Ikuti Instruksi Pusat, Gubernur Isran Noor Siap Gelar Vaksinasi Booster Kedua di Kaltim

Rencana pemerintah pusat melalui Kemenkes RI menggelar vaksinasi booster kedua (vaksinasi dosis empat) telah digelar untuk tenaga kesehatan sejak Juma

TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Gubernur Kaltim Isran Noor menyatakan kesiapan terkait rencana pemerintah pusat untuk melaksanakan vaksinasi dosis keempat, yang kini tengah berjalan untuk tenaga kesehatan (nakes). TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Rencana pemerintah pusat melalui Kemenkes RI menggelar vaksinasi booster kedua (vaksinasi dosis empat) telah digelar untuk tenaga kesehatan sejak Jumat (29/7/2022) lalu.

Pemerintah menilai perlu adanya booster kedua setelah melihat kenaikan angka kasus terkonfirmasi Covid-19 yang terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Rencananya secara bertahap pemerintah pusat akan mengatur segala regulasi agar masyarakat juga ikut menerima vaksin Covid-19 dosis empat agar antibodi kembali diterima, pasca vaksinasi sebelumnya. 

Vaksinasi booster sebagai penguat antibodi dibutuhkan khususnya pada kelompok rentan.

Menanggapi ini, Gubernur Kaltim Isran Noor menyatakan bahwa Provinsi Kalimantan Timur siap melaksanakan dosis keempat.

Baca juga: UPDATE Kasus Covid-19 di Kaltim, 141 Orang Terpapar Virus Corona dalam 2 Hari, Satu Orang Meninggal

"Kita akan ikuti apa instruksi dari pusat, yang jelas Kaltim siap," tutur Isran Noor, Rabu (3/8/2022).

Koordinasi juga terus dilakukan Pemprov Kaltim serta menunggu dan mengikuti usulan dari pusat terkait pelaksanaan vaksinasi dosis keempat.

"Mau vaksinasi keempat segala macam, mari ikuti saja," kata Isran Noor.

Sementara itu, pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim menyampaikan kesiapan untuk melaksanakan vaksinasi tambahan bagi nakes serta masyarakat Kaltim secara umum. 

Baca juga: 3 Atensi Kapolda Kaltim ke Jajaran: Amankan IKN Nusantara, Vaksinasi Booster dan Cegah Narkoba

"Kalau untuk stoknya aman. Bahkan kami sekarang sediakan di faskes (Fasilitas Kesehatan) misal di Puskesmas," ucap  Sekretaris Dinkes Kaltim, Masitah.

(Mohammad Fairoussaniy/ADV/Kominfo Kaltim)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved