Wujudkan Profesionalitas Kearsipan, PKT Tingkatkan Kompetensi Pengelola Dokumen

PKT menggelar workshop untuk meningkatkan kompetensi sumber daya pengelola kearsipan menggandeng Arsip Nasional Republik Indonesia.

Editor: Diah Anggraeni
HO/PKT
PKT menggelar workshop PKT untuk meningkatkan kompetensi sumber daya pengelola kearsipan selama dua hari di Hotel Swiss-Belinn Surabaya, Jawa Timur, 3-4 Agustus 2022. Kegiatan ini menggandeng Arsip Nasional Republik Indonesia. 

TRIBUNKALTIM.CO - Tingkatkan kompetensi sumber daya pengelola kearsipan, PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) gelar workshop Instrumen Kearsipan, Service Excellence serta Sistem Informasi Kearsipan dan Corporate Identity.

Kegiatan menggandeng Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) berlangsung selama dua hari di Hotel Swiss-Belinn Surabaya, Jawa Timur, 3-4 Agustus 2022.

Baca juga: Jalin Kedekatan dengan Masyarakat, PKT Turut Meriahkan Rangkaian HUT RI di Distrik Arguni dan Kokas

VP Administrasi Korporasi PKT Wirza Eka Putra mengungkapkan, kegiatan ini diikuti 72 peserta dari berbagai unit kerja di lingkungan PKT, yang terdiri dari tenaga administrasi dan sekretaris unit kerja.

Hal ini mengingat kompetensi karyawan dalam memahami dan menerapkan pengelolaan kearsipan sangat penting, seiring bertambahnya dokumen dalam perjalanan bisnis perusahaan sebagai penunjang operasional untuk pihak internal maupun eksternal.

"Sebab arsip perusahaan merupakan hal krusial yang wajib dijaga dengan perlakuan khusus, sehingga kompetensi sumberdaya pengelola perlu memahami berbagai hal yang harus dilakukan dalam menjalankan tugas pengarsipan dokumen," ujar Wirza.

Menurut Wirza, kegiatan ini rutin digelar PKT setiap tahun. Namun karena pandemi Covid-19 sempat tertunda dua tahun terakhir, sehingga penting penyegaran kembali untuk menyamakan persepsi dalam mendukung optimalisasi kearsipan PKT.

Apalagi, dokumen perusahaan yang beragam, perlu pedoman pengelolaan maupun standarisasi tata kelola korespondensi sebagai acuan arsip yang tercipta.

"Maka keseragaman dan keselarasan tata persuratan dalam mewujudkan tertib administrasi di lingkungan PKT penting dipahami bersama, agar tata kelola kearsipan makin berjalan optimal," tambah Wirza.

Baca juga: Gelar Edukasi dan Pijat Bayi Gratis, PKT Dorong Peran Orangtua Pantau Tumbuh Kembang Anak

Selain itu, perubahan Corporate Identity pun perlu diketahui seluruh kalangan di lingkungan PKT, sehingga pengenalan dan pemahaman bagi tenaga administrasi di tiap unit kerja juga penting dilakukan.

Terlebih dengan penerapan yang sesuai ketentuan, dapat menerjemahkan manfaat Corporate Identity sebagai alat pemersatu strategi maupun pemenuhan sistem operasional perusahaan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved