Berita Balikpapan Terkini

Pemkot Balikpapan Sediakan Kapal Pinisi, Digunakan Untuk Sususi Teluk Balikpapan

Pemerintah Kota Balikpapan bersama dengan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (DPOP) menguji coba Kapal Pinisi yang baru saja datang beberapa hari l

Editor: Aris
TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Menikmati pemandangan matahari terbenam di atas Kapal Pinisi Pusaka Indonesia di Teluk Balikpapan.TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO 

TRIBUNKALTIM.COM - Pemerintah Kota Balikpapan bersama dengan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (DPOP) menguji coba Kapal Pinisi yang baru saja datang beberapa hari lalu.

Kapal tersebut digunakan untuk menyusuri Teluk Balikpapan pada Jumat (5/8/2022) sore hingga malam hari dan nantinya akan dikembangkan menjadi destinasi wisata bahari di Kota Beriman ini.

“Kapal Pinisi ini memang baru tiba Kamis malam kemarin dan hari ini dilakukan uji coba dengan menyusuri Teluk Balikpapan,” ujar Ratih Kusuma, Kepala DPOP Kota Balikpapan kepada awak media.

Diketahui, Pemkot Balikpapan memang sedang mengkaji potensi wisata bahari di Kota Balikpapan ini.

Baca juga: Kisah Karyawan Toko di Balikpapan yang Jadi Korban Penipuan Bermodus COD

Uji coba ini pun merupakan bagian dari kajian yang nantinya juga sebagai bentuk upaya pengembangan pariwisata, mengingat Kota Balikpapan akan menjadi beranda kedatangan menuju ke Ibu Kota Negara Nusantara.

“Hal ini juga dalam rangka menyambut IKN jadi masyarakat pasti sangat antusias untuk berwisata di Balikpapan juga tentunya,” pungkas wanita yang juga berprofesi sebagai dokter tersebut.

Ratih melihat potensi pengembangan pariwisata Kota Balikpapan dapat dimaksimalkan, dengan menggali potensi tersembunyi dari pesona keistimewaan Teluk Balikpapan.

“Kita ini juga sedang persiapan pengembangan wisata bahari, di dalam pengembangan itu kita kan harus tahu wilayah yang kita lalui dan spot wisatanya apa saja,” tandasnya.

Baca juga: Ramalan Shio Besok 8 Agustus 2022: Shio Tikus Hindari Godaan, Shio Monyet Perlu Tetap Tenang

Selain itu juga, dengan uji coba ini Pemkot Balikpapan mencoba untuk mengetahui jam-jam istimewa dari pesona Teluk Balikpapan yang nantinya dapat dinikmati wisatawan.

“Kita juga harus tahu jam-jam operasional dan objek wisata apa yang bisa ditemui pada jam tersebut, misalnya pagi kita ketemu pemandangan apa, siang apa, sore atau pun malam,” terangnya.

“Karena hal tersebut tentunya dapat menarik wisatawan,” tambahnya.

Ratih menyebut, timnya dari DPOP juga sudah melakukan survei pada beberapa waktu lalu.

Baca juga: Persib Bandung Takluk, Taktik Robert Rene Alberts Tak Berjalan Mulus, Lini Pertahanan Dievaluasi

“Beberapa waktu lalu memang sudah kita survei tetapi tidak maksimal karena keterbatasan waktu dan terkendala cuaca juga,” ungkapnya.

Adapun, lanjutnya, spot-spot yang dapat ditemui dengan menyusuri Teluk Balikpapan ini seperti contohnya spot pemandangan proyek Pertamina, Tanjung Batu, Jembatan Pulau Balang dan pun-lain.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved