Berita Paser Terkini

Disbunak Salurkan 1.763 Dosis Vaksin PMK ke Hewan Ternak di Paser, Ada Penambahan Jumlah Kasus

Sebagai upaya dalam mengantisipasi serta menekan peredaran PMK, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Paser telah melakukan vaksinasi PMK.

Penulis: Syaifullah Ibrahim | Editor: Aris
HO
Petugas dari Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Paser saat menyuntikkan vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Paser. (HO) 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER - Sebagai upaya dalam mengantisipasi serta menekan peredaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Paser telah melakukan vaksinasi PMK di beberapa kecamatan di Paser.

Sejauh ini, dari data Disbunak Paser tercatat jumlah ternak yang mendapat vaksinasi PMK sebanyak 1.763 ekor, Senin (8/8/2022).

Selain itu, juga terdapat penambahan jumlah kasus positif PMK di Kecamatan Muara Komam, dengan total keseluruhan sebanyak 31 ekor diantaranya 29 ekor di Kecamatan Muara Komam dan 2 ekor di Kecamatan Pasir Belengkong.

Baca juga: PMK Ditemukan di Paser, Pemprov Kaltim Lockdown Wilayah Penajam Paser Utara dan Kabupaten Paser

Kabid Kesehatan Hewan Kesmavet pada Disbunak Paser, drh. Al-Habib menjelaskan vaksinasi yang dilakukan tersebar di empat kecamatan.

"Ada 4 kecamatan diantaranya, Muara Komam, Pasir Belengkong, Tanah Grogot dan Kuaro. Total 1.763 ekor yang telah di vaksin PMK," kata Habib.

Sementara itu, Kepala Disbunak Paser Djoko Bawono menargetkan dalam waktu dekat sebanyak 2.530 dosis vaksin PMK yang disalurkan dari 2.900 dosis yang tersedia.

Baca juga: Kabupaten Paser Dinyatakan Zona Merah PMK, Lockdown di Berlakukan Pemprov Kaltim

Vaksin yang tersalurkan untuk 5 kecamatan, yaitu Kecamatan Tanah Grogot 350 dosis, Kuaro 700 dosis, Long Ikis 1000 dosis, Batu Engau 300 dosis dan Pasir Belengkong 180 dosis vaksin PMK.

"Vaksin ini belum ada penambahan dari Kementerian Pertanian dari dosis yang diterima dinas 4.148 dosis," sambungnya.

Dijelaskan, vaksin yang telah dibuka hanya bisa bertahan hingga 36 jam dan harus dihabiskan.

Baca juga: Disbunak Paser Akan Salurkan 4.148 Dosis Vaksin PMK ke Hewan Ternak di Paser Secara Bertahap

Djoko menambahkan, sejauh ini belum pernah ada vaksin yang sampai terbuang, apabila tak habis di setiap botol keesokan harinya pasti dipergunakan.

"Setiap botol berisi 200 mililiter dengan dosis 2 mililiter (cc) per ekor. Kalau ada sisa besoknya dihabiskan oleh petugas dengan mengejar durasi waktu yang ada," jelasnya.

Pada pelaksanaan vaksin PMK, Disbunak didampingi aparatur desa, Linmas, Pemerintah Kecamatan, Satpol PP, BPBD, Babinsa, Babinkamtibmas, relawan dan  Ketua Kelompok Tani. (*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved