Berita Penajam Terkini

Komunitas Gembel Penajam Gelar Lomba Sastra sebagai Upaya Tingkatkan Semangat Literasi Pemuda PPU

Komunitas Gemar Belajar (Gembel) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) kembali beraksi untuk berkontribusi terhadap anak muda Benuo Taka.

Penulis: Nita Rahayu | Editor: Rahmad Taufiq
HO/TRIBUNKALTIM.CO
Komunitas Gembel PPU bakal menggelar lomba sastra sebagai upaya meningkatkan semangat literasi anak muda Benuo Taka. 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Komunitas Gemar Belajar (Gembel) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) kembali beraksi untuk berkontribusi terhadap anak muda Benuo Taka.

Bertajuk Pea Bai 3 dibalut dengan lomba sastra mulai dibuka untuk kalangan umum, Sekolah Menengah Pertama Sederajat hingga Sekolah Menengah Atas Sederajat.

Ketua panitia Pea Bai 3, Akhmad Ali Ilhamdani mengatakan, bahwa akan ada berbagai jenis lomba, mulai dari Lomba Puisi, Lomba Musikalisasi dan Lomba Penghafal Biografi Pahlawan Nasional.

Rencananya, kegiatan lomba sastra ini berlangsung pada Jumat 12 Agustus 2022 dan pendaftaran peserta gratis hingga Rabu 10 Agustus 2022.

Adapun tujuan dari kegiatan ini bertujuan sebagai pemantik semangat anak muda di Kabupaten Penajam Paser Utara pada dunia literasi.

Baca juga: Mengenal Komunitas CaBy Balikpapan, Kenalkan Anak pada Alam

“Agenda kegiatan dari Komunitas Gemar Belajar Kabupaten Penajam Paser Utara. Nama kegiatannya Pea Bai ke tiga adalah kegiatan yang dibungkus agar menarik sedemikian rupa. Utamanya untuk memantik semangat literasi anak muda Penajam Paser Utara,” ucap Ketua Panitia, Akmad Ali Ilhamdani, Senin (08/08/2022).

Gerakan ini memiliki tujuan jangka panjang berupa untuk menyiapkan sumber daya manusia yang bisa memiliki daya saing guna menghapai perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Jangka panjangnya mempersiapkan sumber daya manusia yang cukup menghadapi ibu kota negara,” tutur pemuda lulusan Strata 1 Universitas Hasanuddin, Makassar tahun 2022.

Kegiatan seperti ini bagi Akhmad Ali harusnya bisa menjadi wadah bagi anak muda untuk bisa mengeksplor kemampuan dan pemahaman dalam literasi.

Sejauh ini dari pandangannya kemampuan anak muda soal literasi telah cukup, namun perlu adanya wadah sebagai sarana mengeksperikan diri.

“Anak muda sudah paham literasi, namun wadah dan keberanian untuk mengeksplorasi itu yang sangat langkah. Kalau kompentensi cukup sisa bagaimana dia menyalurkan. Dari kegiatan ini kita-kita juga berharap mampu memantik keberanian dan semangat menyuarakan melalui literasi,” ujarnya.

Baca juga: Eksistensi Sanggar Seni Entero di PPU, Berawal dari Komunitas Kecil, Kini Cetak Segudang Prestasi

Dukungan atau sponsor dalam kegiatan ini tidak terbatas. Sehingga diharapkan banyak pihak yang bisa berkontribusi dan berkolaborasi.

“Pihak lainnya juga bisa ikut terlibat karena ini kegiatan kolaborasi untuk kepentingan anak muda penajam paser utara,” ucapnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved