Berita Balikpapan Terkini

Pencuri Onderdil Motor di Balikpapan Ternyata Kawan Korban, Polisi Jalankan Keadilan Restoratif

Kepolisian sempat mengamankan seorang pelaku yang sempat meresahkan lantaran mencuri onderdil sepeda motor berupa velg, ban, dan cakramnya.

Penulis: Mohammad Zein Rahmatullah | Editor: Aris
TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Kasat Reskrim Polresta Balikpapan, Kompol Rengga Puspo Saputro sebut pelaku pencuri onderdil motor di Balikpapan ternyata kawan korban. (TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO) 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kepolisian sempat mengamankan seorang pelaku yang sempat meresahkan lantaran mencuri onderdil sepeda motor berupa velg, ban, dan cakramnya.

Di Balikpapan, aksi pencurian itu bahkan sudah terjadi beberapa kali dalam kurun waktu yang berdekatan.

Rupanya, pelaku pencurian tersebut masih berusia anak-anak. Polisi sendiri tidak menyebut spesifik usia, namun hanya membeberkan pelaku berusia di bawah 17 tahun.

Baca juga: Wisata Kuliner Balikpapan, Mengenal Menu Sehat Andalan Pelanggan Organica Healthy Food

Terkait motif, dijelaskan Kasat Reskrim Polresta Balikpapan, Kompol Rengga Puspo Saputro bahwa pelaku hanya menginginkan onderdil tersebut untuk digunakan sendiri.

"Ya pasti kalau anak-anak ini kan dipakai untuk motor dia sendiri, untuk modifikasi (sepeda motor) dia sendiri," ujar Rengga, Rabu (10/8/2022).

Polisi juga mengungkap bahwa pelaku dan korban sendiri rupanya sudah saling kenal. Bahkan keluarga pelaku dan keluarga korban juga saling tidak asing.

Baca juga: Sosok Primas Prihanta, Desainer Muda Balikpapan yang Punya Segudang Prestasi di Dunia Fashion

Pasalnya, kata Rengga, antara pelaku dan korban sebatas teman sepermainan yang memang kerap bermain bersama.

Disamping itu, mengingat pelaku di bawah umur dan saling kenal dengan korban, polisi menerapkan keadilan restoratif terhadap pelaku.

Baca juga: Beri Sanksi Pengetap Solar Subsidi di Balikpapan, Pertamina Bekukan Fuel Card Pelaku

Dimana hal itu dijalankan setelah melalui proses mediasi antara pelaku, orangtua pelaku, dan korban.

"Kemarin sudah kita lakukan mediasi antara pelaku, orangtua pelaku, dan korban. Pelaku sudah mengembalikan (barang curian)," tukas Rengga. (*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved