Berita Pemkab Kutai Barat

Berlaga di Kompetisi Olahraga Tradisional Kaltim, Kubar Raih Juara II dan III Menyumpit

Kontingen Kubar meraih juara II menyumpit beregu putri dan juara III beregu putra dalam kompetisi olahraga tradisional Kaltim yang digelar di Bontang.

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas Pemkab Kubar
Kontingen olahraga tradisional Kubar meraih juara di ajang kompetisi olahraga tradisional Kaltim yang diselenggarakan di Kota Bontang. 

TRIBUNKALTIM.CO - Kontingen Kutai Barat meraih juara II menyumpit beregu putri dan juara III beregu putra dalam kompetisi olahraga tradisional Kaltim yang digelar di Kota Bontang.

Event bertema Ndiku Pucahankan Budaya Etam Tenggelam Sampai Wayah ini yang diselenggarakan selama dua hari, dimulai Selasa (9/8/2022).

Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga, Alkatib menjelaskan selain menyumpit, kontingen Kubar juga mengikuti perlombaan gasing dan berlogo, namun hanya lolos sampai semifinal.

Baca juga: MoU PT TCM dengan Kelompok Kerajinan Sarut, Keunikan dan Elegannya Wastra Jadi Kebanggaan Kubar

Dinas Pemuda dan Olahraga sangat antusias mengikutkan peserta dari Kubar ke event olahraga tradisional, mengingat kegiatan semacam ini sangat positif bagi perkembangan olahraga tradisional di Kubar dan Kaltim pada umumnya.

"Kendala utama yang dihadapi saat ini adalah pendanaan yang belum tersedia. Harapan ke depan pemkab bisa mengalokasikan anggaran, sehingga peserta/komunitas tidak sia-sia berlatih. Kabupaten/kota yang menyelenggarakan event serupa merindukan kehadiran Kubar untuk berpartisipasi," ujar Alkatib.

Keikutsertaan pada event di Bontang, memang tidak maksimal karena keterbatasan anggaran sehingga peserta yang bisa ikut hanya 13 orang.

Dana yang dipergunakan tim berasal dari bantuan perusahaan.

Baca juga: Festival Sarut Kecamatan Damai 2022 Berlangsung Meriah, Promosikan dan Lestarikan Kearifan Lokal

Diketahui, Kubar memiliki kelompok olahraga tradisional seperti Margo Singo, Pulo Pengkit, dan kelompok Tri Pore yang siap mengikuti event.

Selanjutnya, bisa diseleksi untuk mendapatkan pegiat-pegiat olahraga tradisional yang andal.

Secara khusus Alkatib juga berharap pemkab dapat mengalokasikan anggaran sehingga para atlet dapat mengikuti berbagai event.

Tak lama lagi ada event serupa di Samarinda dan juga mengundang peserta dari Kubar.

"Sekali lagi, harapannya Pemkab Kubar melalui Dispora bisa memajukan dan meningkatkan semangat pegiat olahraga tradisional, dengan dukungan pendanaan," ujarnya. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved