Tingkatkan Peluang Usaha Mandiri, PKT Launching Kedai Kopi Binaan

PKT meresmikan kedai kopi binaan hasil pelatihan penciptaan peluang usaha bagi pemuda Bontang di Jalan Ahmad Yani Kelurahan Api-api Bontang Utara.

Editor: Diah Anggraeni
HO/PKT
VP TJSL PKT Anggono Wijaya bersama perwakilan Pemkot Bontang saat meresmikan kedai kopi binaan hasil pelatihan penciptaan peluang usaha bagi pemuda di Jalan Ahmad Yani Kelurahan Api-api Bontang Utara, Kamis (11/8/2022). Kegiatan ini dalam rangka memperluas pembinaan di sektor ekonomi kreatif dalam mendorong terwujudnya kemandirian masyarakat. 

TRIBUNKALTIM.CO - Perluas pembinaan di sektor ekonomi kreatif dalam mendorong terwujudnya kemandirian masyarakat, PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) resmikan kedai kopi binaan hasil pelatihan penciptaan peluang usaha bagi pemuda Bontang.

Peresmian dilakukan VP TJSL PKT Anggono Wijaya, bersama perwakilan Pemkot Bontang di Jalan Ahmad Yani Kelurahan Api-api Bontang Utara, Kamis (11/8/2022).

Diungkapkan Anggono, kedai kopi dengan nama 'Nyeduh FIO' ini merupakan kesinambungan pembinaan PKT bagi pemuda Bontang agar mampu mandiri dan berdaya saing, setelah sebelumnya dibekali keterampilan barista melalui serangkaian pelatihan.

Baca juga: Tindak Lanjut Program PEDALGAS, PKT Edukasi Para Ibu Cegah Stunting sejak Kehamilan

Pembukaan unit usaha ini juga untuk meningkatkan nilai manfaat bagi para peserta, sekaligus upaya menekan angka pengangguran di Kota Bontang melalui sektor usaha yang difasilitasi sesuai bakat dan keterampilan masyarakat.

"Ini adalah usaha kedua yang berdiri dari hasil pelatihan keterampilan yang dibekali PKT bagi pemuda Bontang, setelah sebelumnya diresmikan usaha barbershop di Bontang Selatan," ujar Anggono.

Dirinya menyebut kedai kopi ini akan tetap menjadi perhatian pembinaan PKT, agar ke depan mampu berkembang sesuai harapan dengan nilai manfaat yang lebih signifikan.

Baik dari sisi pengembangan usaha maupun kesejahteraan pelaku usaha.

Hal ini sekaligus wujud komitmen PKT terhadap pemberdayaan dan pembinaan masyarakat, yang tidak hanya terfokus di lingkungan sekitar perusahaan.

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Jadi Alarm Kemandirian Pangan, PKT Pacu Inovasi Agrobisnis Kalangan Anak Muda

Dari hal ini, pertumbuhan ekonomi kreatif yang sejalan dengan program pemerintah diharap tercapai dengan pemerataan pembinaan di seluruh wilayah Kota Bontang.

"Sekarang kedai kopi ini tergolong usaha mikro, nantinya dengan kesinambungan pembinaan PKT diharap akan naik kelas menjadi usaha kecil dan begitu seterusnya. Sehingga nilai manfaat dan peluang yang lebih besar bisa ditangkap dengan baik," terang Anggono.

Sesuai arah pembinaan TJSL PKT dalam mewujudkan kemandirian masyarakat, sasaran program tidak hanya memberi bekal pelatihan, tapi juga sertifikasi hingga pemagangan dan penciptaan lapangan usaha.

Fokus inilah yang akan ditingkatkan PKT dengan kesinambungan pembinaan yang direalisasikan.

"Untuk itu kami harap kedai kopi ini bisa dijalankan dengan baik, sesuai bekal keterampilan yang diberikan selama pelatihan. PKT akan terus melakukan pendampingan dan pembinaan, sehingga sektor usaha ini mampu memberi manfaat yang lebih luas kedepannya," tambah Anggono.

Mewakili Pemkot Bontang, Pengantar Kerja Ahli Muda Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker), Lili Wasmuji menyampaikan, apresiasi atas kesinambungan kontribusi PKT mendukung pemerintah dalam hal pemberdayaan maupun penciptaan lapangan usaha dalam upaya mewujudkan kemandirian masyarakat.

Baca juga: Boyong 7 Medali, Atlet Tenis Meja Binaan PTM PKT Bawa Bontang Juara Tiga Kejurprov Kaltim 2022

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved