Travel

Menelusuri Keistimewaan Desa Pela di Kukar, 50 Besar Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Desa Wisata Pela di Kutai Kertanegara ( Kukar) menjadi satu-satunya wakil Provinsi Kalimantan Timur pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia.

Penulis: Miftah Aulia Anggraini | Editor: Budi Susilo
HO/Pokdarwis Desa Pela
Suguhan panorama alam Desa Pela, Kukar, Kalimantan Timur. Desa ini memiliki potensi pariwisata yang spesial, khas Kalimantan Timur. Menteri Pariwisata Sandiaga Uno pernah ke Desa Pela ini. 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Desa Wisata Pela di Kutai Kertanegara ( Kukar), Kalimantan Timur, menjadi satu-satunya wakil Provinsi Kalimantan Timur pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. 

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menempatkan Desa Pela bersaing dengan 49 desa wisata lainnya.

Bahkan baru-baru saja, Menteri Sandiaga Uno mengunjungi desa ini.

Dalam kesempatan itu, iamenilai masyarakat Desa Pela memang aktif dan kreatif dalam mengembangkan potensi yang ada di desanya.

Baca juga: Wisata di Kukar Kalimantan Timur, Atraksi Liar Mamalia Pesut Mahakam ala Danau Semayang Desa Pela

Salah satunya konsep konservasi dalam upaya melindungi mamalia pesut yang dianggap sebagai hewan endemi. 

"Paling menarik adalah konservasinya, pesut mahakam dikonservasi untuk menjadi edukasi kepada nelayan agar bisa dinikmati anak cucu,” kata Sandiaga Uno.

Desa Pela merupakan salah satu desa yang berada di pinggir sungai Mahakam, sebagian besar penduduknya adalah nelayan air tawar.

Mayoritas masyarakatnya beretnis Kutai. Masyarakat Desa Pela terbagi atas 6 RT dengan jumlah 164 kepala keluarga serta 572 jiwa. 

Dari letak geografis, desa sebelah utara berbatasan dengan Muhuran, sebelah selatan Sangkuliman, sebelah barat dengan Semayang, dan sebelah timur dengan Liang Ulu.

Desa Pela ditetapkan sebagai desa wisata dengan berbasis wisata danau dengan ekosistem pesut. 

Baca juga: Berburu Sunset dan Saksikan Pesut Mahakam Berenang di Tanjung Tamannoh, Kawasan Wisata Desa Pela

Hal ini sesuai dengan Keputusan Bupati Kutai Kartanegara Nomor 250/SK-BUP/HK/2019 tentang lokasi desa wisata Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Selamat kepada Desa Pela bisa menembus desa wisata terbaik. Kebanggaan bagi masyarakat Kalimantan Timur dan Kutai Kartanegara," jelasnya.

Mewakili Kalimantan Timur dalam ajang nasional, pihak pengelola Desa Pela mengaku hal ini menjadi kebanggaan dan kesenangan tersendiri bagi pihaknya. 

Suguhkan Panorama Alam

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved