Manggala Agni Bersama PT SAWA dan PT HPM Lakukan Pelatihan Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla

PT SAWA dan PT HPM bekerja sama dengan Manggala Agni Kalimantan sebagai antisipasi bencana kebakaran menjelang datangnya musim kemarau pada tahun ini.

Editor: Diah Anggraeni
HO
PT SAWA dan PT HPM bekerja sama dengan Manggala Agni Kalimantan menggelar pelatihan untuk peningkatan kompetensi Satgas Dakarhutla kedua perusahaan. Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah untuk mencegah terjadinya bencana kebakaran di area konsesi perusahaan. 

TRIBUNKALTIM.CO - PT Subur Abadi Wana Agung (SAWA) dan PT Hamparan Perkasa Mandiri (HPM) bekerja sama dengan Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Manggala Agni Kalimantan (BPPIKHL) dalam rangka peningkatan kompetensi Tim Satuan Tugas Pengendalian Karhutla (Satgas Dakarhutla) kedua perusahaan.

Pelatihan tersebut dilakukan dua kali dalam setahun di Kecamatan Busang, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur.

Pada kegiatan tersebut, Tim Satgas Dakarhutla SAWA dan HPM mendapatkan bimbingan langsung berupa teori dasar pencegahan dan praktik pengendalian kebakaran, pengenalan alat pemadam kebakaran dan juga pelatihan pengendalian dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Baca juga: PT SAWA dan PT HPM Bantu Sejumlah Gereja di Kecamatan Busang, Kutai Timur

Kegiatan ini dilakukan sebagai persiapan dan antisipasi datangnya musim kemarau pada tahun ini.

"SAWA mengadakan pelatihan bersama Manggala Agni Kalimantan setiap tahunnya. Ini sesuai dengan komitmen kami dalam mendukung upaya pemerintah untuk mencegah terjadinya bencana kebakaran di area konsesi perusahaan," ujar Direktur SAWA, Adil Barus.

Ka Daops Manggala Agni Kalimantan XII, Faisal memberikan apresiasi kepada kedua perusahaan atas komitmennya untuk terus mengembangkan kemampuan Tim Satgas Dakarhutla dalam hal pencegahan bencana kebakaran.

Ia berharap agar mereka dapat meneruskan kemampuan yang diterima pada saat pelatihan kepada anggota yang lain.

Apresiasi yang sama juga disampaikan oleh Perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kutim, Awang.

Ia berharap agar dengan adanya pelatihan ini, semua peserta dapat memahami dan menerapkan ilmunya.

Baca juga: Karhutla Jadi Pembahasan Serius, Kemenko Polhukam Gelar Rakor Bersama Seluruh Polda

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa kegiatan pencegahan Karhutla harus terdapat kerja sama antara perusahaan dan masyarakat agar dapat menciptakan daerah bebas karhutla.

"Saya sangat berterima kasih kepada kedua perusahaan yang setiap tahun, sejak tahun 2020 sampai tahun 2022, menyelenggarakan pelatihan Karhutla di wilayahnya. Semoga musim kemarau tahun ini dapat diantisipasi dengan lebih baik lagi sehingga tidak terjadi Karhutla di Kecamatan Busang," ucap Sekretaris Camat Kecamatan Busang Laden Sibarani.

"Pelatihan pengendalian dan penanganan Karhutla ini merupakan komitmen kami untuk mendukung upaya pemerintah dalam pencegahan karhutla, terutama di area sekitar konsesi perusahaan. Semoga dengan pelatihan secara rutin ini dapat membuat Tim Satgas Dakarhutla SAWA dan HPM mampu melaksanakan tugasnya dengan baik dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla," ucap Estate Manager HPM, Yantoni Nasution. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved