Ibu Kota Negara

Songsong Pembangunan IKN Nusantara, Peningkatan Kapasitas SDM Penajam Paser Utara jadi Prioritas

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dibawah kepemimpinan Pelaksana Tugas (Plt), Bupati Penajam Paser Utara, Ir. H. Hamdam

Editor: Budi Susilo
Twitter @ikn_id
Puluhan warga kawasan IKN Nusantara bersiap diri untuk mengikuti pelatihan operator ekskavator dan juru ukur tanah di Kota Medan dan Kota Samarinda. Nanti akan peroleh sertifikasi kompetensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi. 

Peningkatan Kapasitas SDM Penajam Paser Utara jadi Prioritas

Oleh: Subur Priono, Staf Humas Setkab Penajam Paser Utara

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) di bawah kepemimpinan Pelaksana Tugas (Plt), Bupati Penajam Paser Utara, Ir. H. Hamdam saat ini tidak hentinya melakukan langkah nyata dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di daerahnya.

Tujuannya jelas, orang nomor satu di Penajam Paser Utara ini tidak ingin melihat masyarakatnya kedepan hanya menjadi penonton seiring pembangunan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara baru di kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara itu.

Alasannya, karena memang diperkirakan IKN Nusantara bakal kedatangan banyak tenaga kerja dari luar PPU dengan SDM yang mumpuni.

Oleh karenanya, Hamdam dalam satu kesempatan mengatakan bahwa pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara tidak akan tinggal diam melihat persoalan ini, dan memang harus ada langkah cepat untuk memberikan solusi bagaimana persoalan peningkatan SDM tersebut dapat teratasi dengan baik.

Salah satu langkah kongkrit Pemda PPU dalam rangka peningkatan SDM di daerah adalah dengan menjalin kerjasama dengan sejumlah Universitas besar di Indonesia.

Baca juga: Polda Kaltim Ingatkan Ada Pembangunan Jalur Utama IKN Nusantara di Penajam Paser Utara

Dalam beberapa bulan terahir Pemkab PPU bersama sejumlah Universitas kenamaan telah melakukan penandatanganan kesepakatan kerja sama atau Memorendum Of Understanding (MoU) di PPU.

Universitas tersebut antara lain Universitas Sanata Dharma Jogjakarta, Universitas Gunadarma Jakarta, Universitas Gajah Mada (UGM), STT Migas Balikpapan dan ada juga Universitas Hasanuddin Makassar.

Dari visi sejumlah Universitas yanng telah menjalin kerjasama dengan pemda PPU tersebut nampaknya jelas dan telah disampaikan oleh masing-masing pihak manajemen mereka yaitu dalam rangka peningkatan SDM di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved