HUT Kemerdekaan RI

Makna Merdeka bagi Ketua DPRD Berau Madri Pani, Harapkan Masyarakat Lebih Sejahtera

Ketua DPRD Berau, Madri Pani memaknai kemerdekaan adalah setiap rakyat Indonesia mampu merdeka dalam segala hal sebagai perwujudan Undang-undang Dasar

TRIBUNKALTIM.CO/RENATA ANDINI
Ketua DPRD Berau, Madri Pani memaknai kemerdekaan adalah setiap rakyat Indonesia mampu merdeka dalam segala hal sebagai perwujudan Undang-undang Dasar 1945. TRIBUNKALTIM.CO/RENATA ANDINI 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Ketua DPRD Berau, Madri Pani memaknai kemerdekaan adalah setiap rakyat Indonesia mampu merdeka dalam segala hal sebagai perwujudan Undang-undang Dasar 1945.

Setiap tahunnya masyarakat Indonesia selalu memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Tidak terkecuali masyarakat di Bumi Batiwakkal.

Usai menghadiri upacara peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia, Madri berpesan bagi setiap warga negara hendaknya mengimplementasikan setiap butir sila yang terdapat di Pancasila dalam realita kehidupan.

"Kemerdekaan bukan saja merdeka dalam bentuk perjuangan, tetapi merdeka dalam realita kehidupan, bahwa bagaiman setiap butir sila dalam Pancasila bisa terwujud, NKRI bisa terjaga maka itu yang dinamakan kemerdekaan," tutur Madri Pani kepada TribunKaltim.co, Rabu (17/8/2022).

Jiwa patriotisme tumbuh dalam hati setiap warga negara Indonesia. Membangun dan menjaga keutuhan NKRI adalah tanggung jawab bersama.

Baca juga: Upacara HUT Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, Sri Juniarsih Berharap Berau Lebih Pulih

Politikus Partai Nasdem ini menginginkan pemuda dan pemudi Berau untuk terus belajar, meningkatkan kapasitas diri karena di masa yang akan datang mereka yang akan menerima tongkat estafet kepemimpinan dan melanjutkan apa yang telah dibangun oleh pendahulunya.

"Mencerdaskan kehidupan bangsa adalah cita-cita Indonesia, hal tersebut harus kita wujudkan bersama," tuturnya.

Dirinya berharap, ke depan Republik Indonesia bisa menjadi bangsa yang besar, selalu kondusif, kestabilan politik terjaga dan perekonomian bertumbuh dengan pesat.

"Pulih lebih cepat bangkit lebih kuat sehingga kehidupan masyarakat lebih sejahtera," ucapnya.

Ia menambahkan, lembaga DPRD sebagai kontrol pemerintah tentunya harus mengevaluasi dan mengkritisi kinerja pemerintah daerah demi kebaikan masyarakat.

"Tujuannya adalah merubah sesuatu yang kurang baik menjadi lebih baik, serta yang sudah baik menjadi semakin baik kedepannya," tambahnya.

Baca juga: Peringati HUT ke-77 Tahun Kemerdekaan Indonesia, PWI Berau Kibarkan Bendera di Bawah Laut Maratua

Sinergitas antara lembaga eksekutif dan legislatif harus dijaga, sinergitas yang dimaksud bukan hanya dalam bentuk mendukung kinerja antar lembaga, tetapi saling memberi kritik yang bersifat membangun.

"Saya juga tidak pernah takut untuk dikritisi, kalau memang ada yang salah. Kritik harus dilihat sebagai bahan evaluasi ke depan, karena kinerja kita menyangkut kesejahteraan masyarakat," ucapnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved