HUT Kemerdekaan RI

Rayakan HUT Kemerdekaan RI, Pertamina Gelar Grand Safety Talk hingga Bantu Sembako untuk LVRI

Dalam merayakan HUT ke-77 RI, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan menggelar upacara sekaligus Grand Safety Talk dalam pelaksanaan

Penulis: Ardiana | Editor: Rahmad Taufiq
HO/TRIBUNKALTIM.CO
Pelaksanaan Turn Arround oleh PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Dalam merayakan HUT ke-77 RI, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan menggelar upacara sekaligus Grand Safety Talk dalam pelaksanaan program turn arround (TA).

Selain itu, PT KPI Unit Balikpapan juga menyalurkan bantuan untuk anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Balikpapan, Rabu (17/8/2022).

Peringatan HUT kemerdekaan di PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan bertepatan dengan pelaksanaan program turn arround (TA). Sehingga upacara peringatan kemerdekaan juga diisi dengan kegiatan Grand Safety Talk.

Upacara ini berlangsung di dalam kilang dengan diikuti oleh pekerja dan mitra kerja Pertamina yang terlibat dalam pekerjaan TA tahun 2022. Kemudian dilanjutkan dengan Grand Safety Talk oleh pimpinan tertinggi unit kerja.

Melalui siaran pers yang diterima Tribunkaltim.co, Pjs GM PT KPI Unit Balikpapan Arafat Bayu Nugroho mengatakan kegiatan ini adalah bentuk kebersamaan dalam kegiatan TA.

Baca juga: Pertamina Gelar Kompetisi Recycle Kertas Bekas untuk Pelajar dan Mahasiswa

"Grand Safety Talk merupakan awal kebersamaan kita semua dalam menghadapi satu kegiatan pekerjaan yang penting dan penuh tantangan yaitu kegiatan TA," ujarnya.

Selain itu, Kegiatan TA ini bertujuan untuk memaksimalkan kinerja operasi dan peningkatan kehandalan kilang dalam rangka komitmen Pertamina untuk menjaga ketahanan energi nasional.

Lebih lanjut, pada kegiatan grand safety talk tersebut, Bayu mengingatkan seluruh pekerja yang terlibat untuk memastikan setiap pekerjaan dapat berjalan dengan aman dan selamat.

"Beragam sifat dan bentuk pekerjaan akan kita hadapi saat kegiatan TA, baik pekerjaan dengan resiko tinggi seperti pekerjaan panas, bekerja dengan alat berat, bekerja di ketinggian, dan bekerja di ruang terbatas," katanya.

Ia menambahkan, untuk itu semua pekerja pelaksana dilapangan lebih berhati-hati lagi dalam melaksanakan pekerjaan, selalu mengacu kepada Prosedur Kerja yang telah ditetapkan.

Baca juga: Pertamina Tantang Ide Kreatif Mahasiswa dan Pelajar Balikpapan

"Lakukan tool box meeting dan safety talk sebelum melakukan pekerjaan, sampaikan kepada pekerja potensi bahaya yang akan dihadapi dan sampaikan pula tindakan pencegahan untuk menghidari bahaya tersebut," katanya.

Hal lain yang harus dilakukan yaitu melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap area kerja. Tujuannya untuk meyakinkan semua aman sebelum pekerjaan dimulai.

Bayu berharap semangat kemerdekaan menjadi inspirasi dalam menjalankan pekerjaan kegiatan TA ini.

"Semoga semangat kita dalam menghadapi tantangan pekerjaan TA dapat mencontoh semangat para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan. Selalu gigih dan fokus dalam meraih sebuah pencapaian untuk mengabdi menjadi energi negeri," harap Bayu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved