Berita Kukar Terkini

Pertamina Hulu Indonesia Pulihkan Sumur Tua Kalimantan, Produksi Minyak Capai 57 Ribu Barel per Hari

PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) mengklaim keberhasilannya mengelola lapangan-lapangan mature di regional 3 Kalimantan.

Penulis: Miftah Aulia Anggraini | Editor: Aris
HO/PERTAMINA
PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) mengklaim keberhasilannya mengelola lapangan-lapangan mature di regional 3 Kalimantan. (HO/PERTAMINA) 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) mengklaim keberhasilannya mengelola lapangan-lapangan mature di regional 3 Kalimantan.

Manager Communication, Relations & CID PHI, Dony Indrawan menyatakan keberhasilan tersebut tampak melalui proyek strategis di Zona 8, Zona 9 dan Zona 10.

Dengan strategi itu, PHI berhasil mencatatkan capaian produksi gas mencapai 639,09 juta standar kaki kubik gas per hari dan produksi minyak mencapai 57.180 barel minyak per hari hingga akhir Juli 2022.

“Proyek ini dilaksanakan melalui berbagai upaya seperti optimasi dan stimulasi, hingga water flood seperti yang dijalankan di Lapangan Handil Zona 8, dan Tanjung untuk Zona 9,” ujarnya, Sabtu (20/8/2022).

Baca juga: Dukung Pembangunan Rumah Sakit Muara Badak, Ketua DPRD Kukar: Itu Langkah Bagus

Dari siaran pers yang diterima TribunKaltim.co, Dony menambahkan, aspek keselamatan yang diterapkan dalam setiap kegiatan operasi dan bisnis juga ikut mendorong produksi.

Hal tersebut dibuktikan dengan 100 juta jam kerja aman tanpa insiden yang terhitung sejak November 2020.

Ini mencakup kegiatan operasi perusahaan di Kantor Pusat PHI, Zona 8, Zona 9, Zona 10, Eksplorasi, dan JOB Simenggaris hingga 31 Juli 2022.

Sebelumnya, PHI telah mencatatkan proyek Improved Oil Recovery (IOR) dan Enhanced Oil Recovery (EOR) terealisasi sebesar 2,60 juta barel per hari (bopd) pada kinerja kuartal I/2022  

Baca juga: Kesbangpol Kukar Tingkatkan Partisipasi dan Sasar Pemilih Pemula di Sekolah

“Kami ingin memastikan bahwa setiap pekerja dan mitra kerja akan datang bekerja dan pulang kepada keluarganya dengan selamat,” terang Donny.

Ia pun optimistis, langkah-langkah strategis yang dilakukan pihaknya berhasil membawa dampak positif hingga mencapai target 2022.

Menurut Donny, langkah tersebut diambil untuk memastikan keekonomian aset, sehingga dapat terus memberikan manfaat dan nilai kepada seluruh pemangku kepentingan.

Baca juga: 5 Hektare Lahan Gambut di Kota Bangun Kukar Terbakar Semalaman

Strategi yang dilakukan antara lain eksplorasi yang agresif, optimasi baseline dan development, sinergi borderless operation, optimasi biaya, optimasi portfolio komersial, dan menjaga keandalan fasilitas produksi.

"Tantangan operasi dan bisnis memang seharusnya disikapi positif oleh perusahaan dengan mengembangkan beberapa program strategis,” imbuhnya.

Baca juga: Ratusan Narapidana Dapat Remisi, Ketua DPRD Kukar: Bonus Berkelakuan Baik

Sebagai informasi, PHI merupakan bagian dari Subholding Upstream Pertamina yang mengelola wilayah kerja dan aset hulu migas Regional 3 Kalimantan.

PHI berkontribusi sekira 14 persen dan 26 persen produksi minyak dan gas Pertamina yang sangat penting dalam menyediakan kebutuhan energi bagi Indonesia pada 2021. (*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved