Menteri LHK Berharap Festival Sepaku IKN Bisa Rutin Digelar

Festival Sepaku 2022 di Penajam Paser Utara digelar sekaligus untuk merayakan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Dok. BRGM
Menteri LHK berfoto bersama Wakil Menteri LHK, Kepala BRGM, Wakil Gubernur Kalimantan Timur, dan Plt Bupati PPU di Penutupan Festival Sepaku IKN 2022, Sabtu (20/8/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO – Rangkaian kegiatan Festival Sepaku Ibu Kota Nusantara (IKN) 2022 resmi ditutup oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Menteri LHK) Siti Nurbaya Bakar, Sabtu (20/8/2022).

Dalam menyelenggarakan festival ini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kementerian LHK) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU). Acaranya berlangsung di Kecamatan Sepaku, Kabupaten PPU, Kalimantan Timur (Kaltim).

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar mengatakan, tujuan diselenggarakannya Festival Sepaku IKN adalah untuk menyambut kerja nyata pembangunan IKN sekaligus memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Selain itu, rangkaian acara penutupan Festival Sepaku IKN ini diawali dengan penanaman pohon di Komplek Guest House Bupati PPU oleh para tamu undangan, salah satunya adalah Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) Hartono.

“Sebagai wujud dalam menyambut kerja nyata pembangunan IKN dan menyambut kegembiraan dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan RI, saya berharap kegiatan festival seperti ini dapat diselenggarakan rutin setiap tahun,” ungkap Siti dalam keterangan persnya, Senin (22/8/2022).

Hal itu disampaikan langsung oleh Siti Nurbaya saat menghadiri acara penutupan Festival Sepaku IKN yang telah diselenggarakan selama satu bulan, di Kecamatan Sepaku, Kabupaten PPU, Kaltim, Sabtu.

Adapun festival tersebut turut dihadiri oleh Wakil Menteri (Wamen) LHK Alue Dohong, Kepala BRGM Hartono, Wakil Gubernur (Wagub) Kalti Hadi Mulyadi, serta Pelaksana Tugas (Plt) Bupati PPU Hamdan.

Dalam sambutannya, Menteri Siti menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh stakeholder yang telah terlibat dalam kesuksesan terselenggaranya Festival Sepaku IKN 2022 tersebut.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam menyelanggarakan festival ini. Terima kasih juga kepada Bapak Hartono, semoga nanti Desa Mangrove dapat terlibat dalam festival ini,” ujar Menteri Siti.

Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) Hartono melakukan penanaman pohon di Komplek Guest House Bupati PPU dalam rangka memeriahkan Festival Sepaku IKN 2022.
Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) Hartono melakukan penanaman pohon di Komplek Guest House Bupati PPU dalam rangka memeriahkan Festival Sepaku IKN 2022. (Dok. BRGM)

Kepala BRGM Hartono menyambut baik ajakan Menteri LHK untuk melibatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan IKN.

“Festival ini menjadi sarana penting guna melibatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan IKN. Selain itu, pada kesempatan ini semoga menjadi awal keterlibatan Desa Mandiri Peduli Mangrove (DMPM) untuk ikut berpartisipasi pada festival selanjutnya,” jelas Hartono.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati PPU Hamdam juga turut menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kementerian LHK dan seluruh stakeholder yang telah melakukan berbagai kegiatan di Kecamatan Sepaku dalam mendukung pembangunan IKN di wilayah Kabupaten PPU.

Senada, Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim Hadi Mulyadi mengaku siap mendukung kebijakan dari pemerintah pusat dalam membangun IKN di Sepaku.

“Kami seluruh masyarakat Kaltim siap mendukung segala kebijakan dari pemerintah pusat dalam membangun IKN di Sepaku. Kami juga berharap pemerintah pusat serius dalam proses pembangunan IKN ini,” jelas Hadi.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved