Berita Balikpapan Terkini

Atraksi Seni Reog Ponorogo Semarakkan Peringatan HUT ke-77 RI di Kota Balikpapan

Atraksi seni Reog Ponorogo menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI), pada Minggu (28/8/2022).

Penulis: Ary Nindita Intan R S | Editor: Aris
TRIBUNKALTIM.CO/ARY NINDITA
Gebyar Seni Reog Ponorogo di BSSC Dome Kota Balikpapan. (TRIBUNKALTIM.CO/ARY NINDITA) 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Atraksi seni Reog Ponorogo menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI), pada Minggu (28/8/2022).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Singo Joyo Jati, Singo Menggolo, Singo Gunung Limo. Yang turut mengundang Walikota Balikpapan beserta stakeholder terkait.

Disampaikan oleh Pengurus dan Pelaku Seni Tari Reog Paguyuban Balikpapan, Timbul Wahono, Kegiatan yang diadakan di Balikpapan Sport and Convention Center (BSSC) Dome ini merupakan gabungan dari paguyuban reog se Kalimantan Timur.

"Jadi ini gabungan reog se Kaltim kita kumpulkan disini, ada sekitar 100 reog dan 22 kelompok," tukas Timbul.

Baca juga: FOTO-FOTO Duel Bunga Citra Lestari dan Ariel NOAH, Malam Minggu di Stadion Batakan Balikpapan

Ia juga menguraikan rangkaian urutan tarian yang tampil dalam kegiatan gebyar reog ponorogo ini.

"Yang pertama ada tari warok, habis itu tari bujang ganong, terus kemudian tari jatilan, yang keempat klono sewandono dan terakhir dadak merak," terang Timbul.

Ia juga menuturkan tujuan diadakannya kegiatan ini guna menyambung tali silaturahim antar sesama paguyuban reog se Kalimantan Timur.

Baca juga: PARADE FOTO Aksi Energik Band The Changcuters Memukau Penonton di Stadion Batakan Balikpapan

"Selain untuk menyemarakkan HUT RI dan grebek suro, kegiatan ini untuk sambung tali silaturahim, karena sejujurnya gak gampang loh kumpulin paguyuban reog se-Kaltim ini," tukas Timbul.

Dengan menyemarakkan HUT RI ini, rangkaian lagu Nasional seperti Indonesia Raya, Hari Merdeka, Indonesia Pusaka dan lain-lain dikemas padukan dengan musik khas reog ponorogo.

"Musik apa saja bisa dipadukan tapi roh musik reog tetap ada, jadi terdengarnya juga menarik lagu Nasional dipautkan dengan budaya," pungkas Timbul.

Baca juga: Cuaca Hari Ini Balikpapan, Minggu 28 Agustus 2022, Siang Cerah, 4 Kecamatan Hujan pada Dini Hari

Dengan demikian, adanya kegiatan ini Timbul mengharapkan Pemerintah Kota untuk bisa mensupport kegiatan seni reog ponorogo ini.

"Semoga Pemerintah bisa selalu melibatkan tarian daerah ini dalam kegiatan Pemerintah setempat," ucapnya.

Timbul juga mengajak generasi muda untuk bisa bergabung dengan paguyuban seni tari reog ponorogo ini, sehingga generasi muda dapat terus melestarikan budaya daerah setempat. (*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved