Berita Nasional Terkini

Dugaan Pelecehan dalam Kasus Brigadir J, Ada Teori Relasi: Pelakunya Wanita, Korbannya Laki-laki

Dugaan pelecehan seksual dalam kasus tewasnya Brigadir J terus saja jadi perhatian. Pakar ungkap teori, pelakunya adalah wanita, korbannya laki-laki.

Istimewa via Tribunnews.com
Ferdy Sambo - Putri Candrawathi - Brigadir J. Dugaan pelecehan seksual dalam kasus tewasnya Brigadir J terus saja jadi perhatian. Pakar ungkap teori, pelakunya adalah wanita, korbannya laki-laki. 

TRIBUNKALTIM.CO - Kasus tewasnya Brigadir J masih menyisakan misteri termasuk salah satunya terkait dugaan pelecehan seksual. 

Diketahui, dalam kasus tewasnya Brigadir J di rumah mantan Kadiv Propam Polri yang telah dipecat, Ferdy Sambo dugaan pelecehan seksual ini mengemuka sejak kasus ini mencuat.

Dalam pemeriksaan, istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi tetap bersikukuh bahwa ia menerima pelecehan seksual.

Lalu bagaimana menurut pakar terkait dengan dugaan pelecehan seksual yang melingkupi kasus tewasnya Brigadir J ini?

Potensi adanya dugaan pelecehan seksual menurut pakar psikologi forensik Reza Indragiri Amriel bisa saja terjadi.

Reza Indragiri Amriel tak memungkiri ada potensi pelecehan seksual dalam kasus pembunuhan Brigadir J.

Namun, Pakar Psikologi Forensik ini juga kemudian menjelaskan, dalam hal ini korbannya tidak mesti perempuan, dalam hal ini Putri Candrawathi, istri Ferdy Sambo, seorang jenderal bintang dua.

Menurutnya, ada teori relasi yang memungkinkan bahwa yang menjadi korban adalah laki-laki.

Baca juga: Ferdy Sambo Akhirnya Pakai Baju Tahanan, Bu Putri Belum, Sudah Dipastikan Polri

Reza Indragiri Amriel mengatakan, "Kita bicara tentang kekerasan seksual, teman-teman Komnas Perempuan terutama, suka sekali menggunakan teori relasi kuasa."

"Artinya kekerasan atau kejahatan seksual dilakukan oleh pihak yg dominan terhadap pihak yang submisif, pihak yang superior dan inferior, yang berkuasa terhadap yang dikuasai."

Reza Indragiri Amriel tidak yakin seorang berpangkat brigadir menjadi sosok dominan hingga berani melakukan pelecehan seksual terhadap Putri Candrawathi, istri jenderal bintang dua dengan jabatan Kadiv Propam Polri.

"Sekarang kita bayangkan, baik itu di Duren Tiga Maupun di Magelang, kira-kira hitung-hitungan di atas kertas siapa yang dominan siapa yang submisif?" ucap Reza di Sapa Indonesia Malam Kompas TV, Senin (29/8/2022) seperti dikutip TribunKaltim.co dari Tribunnews.com di artikel yang berjudul Dugaan Pelecehan di Kasus Brigadir J, Teori Ini Memungkinkan Pelakunya Perempuan, Korban Laki-laki.

Menurut pemahaman dia, pelecehan seksual umumnya dilakukan di daerah kekuasaan pelaku.

Sementara di Duren Tiga atau di Magelang yang disebut sebagai lokasi kejadian pelecehan, bukan wilayah kekuasaan Brigadir J. 

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved