Senang Dengar Musik? Yuk, Simak Manfaat Musik Bagi Pekembangan Anak

Musik kadang kala menjadi instrumen untuk merangsang perasaan kita, baik dalam kondisi senang, sedih maupun galau.

Editor: Aris
TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL MARSYAFI
Ilustrasi - Plt Kadispar Kubar, Bahtiar memantau pelaksanaan pelatihan seni tari dan musik yang berlangsung selama dua hari di Kantor Dispar Kutai Barat. (TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL MARSYAFI) 

TRIBUNKALTIM.CO - Musik kadang kala menjadi instrumen untuk merangsang perasaan kita, baik dalam kondisi senang, sedih maupun galau.

Tapi tahukah kalian, musik juga bisa digunakan untuk menunjang perkembangan anak.

Sehingga, musik tak hanya dipelajari dan dinimati oleh kalangan dewasa saja, melainkan juga dapat menjadi sarana pembelajaran anak.

Dikutip dari Tribunnews.com, pembelajaran musik dapat bermanfaat untuk tumbuh kembang anak secara psikologis, motorik, kognitif, emosional sosial dan sebagainya.

Baca juga: Resep Cah Soun Kecap, Menu Sarapan Simple dan Resep Bekal Cepat yang Tidak Pernah Mengecewakan

Pendiri Intelligence and Music (IMU), Gillie Chang BA mengajak edukator di bidang musik untuk semakin sadar mereka bukan sekedar guru musik tidak hanya mengajar musik.

"Guru musik berperan mengajarkan pelajaran hidup yang dapat mengembangkan kepribadian muridnya agar menjadi seseorang yang lebih baik dimasa depan,” ujar Gillie saat peluncuran platform game Mari Mengenal Alat Musik Tradisional Edisi Indonesia, Kamis (18/8/2022).

Untuk inilah melalui kampanye MindfulMusicTeaching, IMU ingin mengajak membagikan ilmu bermusik untuk Indonesia lebih baik.

Baca juga: 5 Makanan Enak dan Simple yang Cocok Disajikan Saat Weekend Bersama Keluarga di Rumah

Di bagian lain, Gilie mengatakan, dalam rangka perayaan hari kemerdekaan Negara Indonesia yang ke-77, pihaknya memperkenalkan platform game yang dapat menjadi wadah penggunanya untuk lebih mengenal alat musik tradisional dari Indonesia.

"Platform game Mari Mengenal Alat Musik Tradisional Edisi Indonesia ini dibuat dengan harapan agar anak-anak di Indonesia dapat lebih mengenal alat musik tradisional Indonesia sejak dini secara menyenangkan, sehingga di masa depan banyakmasyarakat lebih mengenal identitas negara mereka sendiri.

Baca juga: WAJIB TAHU! Berperan sebagai Pelumas, Inilah Indikasi Oli Gardan Mobil Sudah Harus Ganti

Platform ini memiliki fitur “Kenalan Yuk!” yang memiliki fungsi agar lebih mengenalkan alat musik tradisional Indonesia ke pengguna dengan informasi yang cukup lengkap meliputi nama alat, asal alat, bentuk alat, cara memainkannya, hingga bagaimana bunyi dari masing- masing alat musik tersebut.

IMU Indonesia juga melengkapi platform ini dengan game berupa kuis yang interaktif agar semakin seru bagi penggunanya. (*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved