Ibu Kota Negara

Dukung Pembangunan IKN, Pemkab PPU dan Bupati Donggala Tanda Tangani Nota Kesepahaman

Kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dengan Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah ini nampaknya semakin nyata.

Penulis: Nita Rahayu | Editor: Rahmad Taufiq
HO/TRIBUNKALTIM.CO
Plt Bupati PPU Hamdam dan Bupati Donggala Kasman Lassa melakukan MoU untuk mendukung pembangunan IKN. 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dengan Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah ini nampaknya semakin nyata.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama dalam berbagai bidang pembangunan atau MoU antara kedua daerah tersebut.

Penandatanganan ini juga melibatkan sejumlah dinas terkait di lingkungan Pemda PPU maupun Pemda Donggala.

Penandatanganan ini digelar di lokasi Titik Nol Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten PPU oleh Plt Bupati PPU, Hamdam dan Bupati Donggala, Dr. Kasman Lassa yang disaksikan oleh masing-masing jajaran Forkopimda dari kedua daerah itu, Selasa (30/8) kemarin.

Plt Bupati PPU Hamdam mengatakan bahwa Kabupaten PPU memang perlu mitra kerja sama dari daerah lain.

Baca juga: Puncak Festival Sandeq 2022 di Balikpapan, Usung Tema Indonesia Mendukung IKN Nusantara

Karena, menurutnya, untuk mendukung pembangunan IKN Nusantara tidak mungkin dilakukan oleh Kabupaten PPU sendiri.

"Tugas kita sekarang ini adalah bagaimana menyukseskan pembangunan IKN. Sekecil apapun itu harus sama-sama kita bantu dan laksanakan," kata Hamdam, Rabu (31/8/2022).

Hamdam mengatakan telah banyak daerah yang Ingin berkomunikasi dengan Kabupaten PPU untuk melakukan kerja sama, khususnya dalam rangka pembangunan IKN.

Namun Bupati Donggala ini memiliki pemikiran visi ke depannya dan langsung bisa membaca peluang dan bisa mengoptimalkan potensi yang ada di Kabupaten Donggala untuk menjadi modal bagi pembangunan di daerahnya.

"Hari ini kita melakukan penandatanganan MoU yang akan menjadi starting poin kita untuk bagaimana ke depan bisa melakukan kerjasama-kerjasama yang lebih menguntungkan bagi kedua belah pihak," ujarnya.

Baca juga: 19 Proyek Raksasa Sudah Diteken, Kejaksaan Agung Kawal Pembangunan IKN Nusantara

Sementara itu, Bupati Donggala Kasman Lassa mengucapkan terima kasih kepada Pemda PPU yang telah bersedia menjalin kerja sama dengan pemerintah Kabupaten Donggala, dalam berbagai sektor pembangunan yang ada di daerah masing-masing.

"Kami berterima kasih khususnya kepada bapak Bupati PPU karena telah membawa kami ke Titik Nol IKN ini. Saat ini yang ada di hati kami adalah batu kerikil, batu abu, batu gajah dan semua bahan material di sana akan kami konsentrasikan di sini," jelasnya.

"Kemudian yang kami sampaikan adalah terkait pangan dan sebagainya itu sudah kami persiapkan sejak dicanangkannya IKN ini di Kabupaten PPU. Oleh karena itu kami berani melakukan MoU dengan PPU sampai ditindaklanjuti dengan perjanjian kerja sama antara perusahaan dengan dinas-dinas terkait yang ada," terangnya.

Ia berharap, nantinya di kawasan IKN tersebut ada yang dikoordinir oleh Provinsi Sulawesi Tengah, baik dari sisi material, pangan maupun hal lainnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved