Forum QHSE BUMN Jalin Kerja Sama dengan Uniba, Fokus pada Bidang Tridharma dan IKN

Forum QHSE BUMN Konstruksi dan Universitas Balikpapan menjalin kerja sama dalam upaya optimalisasi peran di bidang pendidikan dan dukungan IKN.

Editor: Diah Anggraeni
HO/Uniba
Penandatanganan kerja sama antara Forum QHSE BUMN Konstruksi dan Universitas Balikpapan di Hotel Ambara Jakarta, Rabu (31/8/2022). Kerja sama ini dalam upaya optimalisasi peran di bidang pendidikan, pelatihan, pengabdian masyarakat dan dukungan terhadap IKN. 

TRIBUNKALTIM.CO - Forum QHSE BUMN Konstruksi dan Universitas Balikpapan (Uniba) dalam upaya optimalisasi peran di bidang pendidikan, pelatihan, pengabdian masyarakat dan dukungan terhadap Ibu Kota Nusantara (IKN), khususnya terkait K3, mutu dan lingkungan, melakukan sinergi melalui penandatanganan kerja sama di Hotel Ambara Jakarta, Rabu (31/8/2022).

MoU dilakukan oleh Rektor Uniba Dr Isradi Zainal mewakili Uniba dan Ketua Forum QHSE BUMN Ir Subkhan.

Dalam kegiatan tersebut, Subhan yang juga merupakan direktur PT Waskita didampingi para pengurus dan staf.

Baca juga: Kunjungi Universitas Balikpapan, Wakil Kepala Otorita Pimpin Yel-yel IKN

Menurut Isradi zainal yang saat ini menjabat sebagai ketua Penjamin Mutu Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dan anggota Tim Ahli Tim Transisi IKN, MoU ini merupakan tindak lanjut dari rencana kerjasama yang sempat dibahas saat ketua Forum QHSE berkunjung ke Uniba beberapa bulan lalu.

Selain itu, disesuaikan dengan momentum untuk bersinergi, khususnya ketika sejumlah proyek pembangunan IKN sudah ditandatangani oleh pemerintah dan kontraktor pada 30 Agustus 2022.

Diperlukan sinergi sejumlah pihak untuk memastikan pembangungan IKN menerapkan K3, keselamatan konstruksi, keselamatan lingkungan, keselamatan satwa, dan lain-lain.

Baca juga: Universitas Balikpapan Bahas Membangun Ibu Kota Negara Baru yang Adil dan Bermartabat

Kemudian menurut Ketua Forum QHSE BUMN Ir Subkhan, MoU antara Uniba dan Forum QHSE memberi ruang kepada para praktisi untuk membantu kampus mengembangkan keilmuan di bidang K3 dan Konstruksi, dengan memberi kuliah umum atau membantu penelitian dan pengabdian masyarakat, khususnya terkait IKN.

Apalagi, menurut direktur Waskita ini, Kementerian PUPR telah mengamanatkan Forum QHSE BUMN Konstruksi untuk menyukseskan 4 kegiatan utama di IKN.

Keempat kegiatan itu di antaranya sertifikasi tenaga terampil, implementasi sosialisasi standarisasi QHSE Nomor 10 Tahun 2022, menyelaraskan aturan SMKK dan IKN serta Kementerian PUPR dengan kementerian teknis, dan lain-lain. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved