Berita Balikpapan Terkini

Dorong Literasi Keuangan, KoinWorks Kampanyekan Investasi Aman dengan SR017 di Balikpapan

Sebagai salah satu bentuk kerja sama dengan Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI), KoinWorks sebagai Super Financial App penyedia

Penulis: Niken Dwi Sitoningrum | Editor: Aris
HO/KoinWorks
KoinWorks menggelar sosialisasi bertajuk “Investasi Sukuk Ritel (SR) 017 Pilihan Berharga, Kuatkan Bangsa” di Balikpapan, harapkan dapat menarik nasabah berinvestasi dan berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur negara. (HO/KoinWorks) 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Sebagai salah satu bentuk kerja sama dengan Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI), KoinWorks sebagai Super Financial App penyedia layanan keuangan, yang juga merupakan salah satu Mitra Distribusi (Midis) Penjualan Surat Berharga Negara (SBN), kembali memasarkan Sukuk Ritel (SR) 017 mulai 19 Agustus hingga 14 September 2022 mendatang.

Sejalan dengan hal tersebut, KoinWorks mengadakan acara Financial Diary Talk di Balikpapan, Jumat (2/9/2022) yang salah satunya bertujuan untuk mensosialisasikan “Investasi Sukuk Ritel (SR) 017 Pilihan Berharga, Kuatkan Bangsa” bersama Kemenkeu RI.

Melalui acara ini, KoinWorks dan Kemenkeu RI ingin mengenalkan sekaligus mengajak masyarakat untuk mulai berinvestasi pada SR017.

Turut hadir pada acara tersebut adalah M. Iqbal Balative selaku Kepala Seksi Perencanaan Transaksi dan Pengembangan Instrumen SBSN Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kemenkeu RI sebagai narasumber.

Baca juga: Grand Opening Ramen 1 di Mall Plaza Balikpapan, Tawarkan Dua Diskon Greget

Sebagai salah satu jenis SBN, hasil investasi SR017 akan digunakan untuk membiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan membiayai pembangunan proyek infrastruktur di Indonesia.

Lebih jauh tentang SR017, M. Iqbal Balative, menyatakan bahwa SR017 merupakan investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan.

“Imbal hasil 5,9 persen per tahun dengan tipe kupon fixed rate yang ditawarkan pada SR017 ini terbilang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan rata-rata suku bunga deposito bank di Indonesia,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Iqbal juga menjelaskan bahwa investasi SR017 ini cocok untuk semua profil risiko.

Baca juga: Komisi II DPRD Samarinda Dukung Pemerintah Berlakukan Penggunaan QRIS Untuk Belanja Pemerintah

Investor dengan profil risiko konservatif akan cocok karena SR017 tidak mempunyai risiko yang tinggi, sementara investor dengan profil risiko moderat dan agresif membutuhkan diversifikasi untuk mengurangi risiko investasi.

Selain sebagai wadah edukasi, acara sosialisasi ini juga merupakan wujud komitmen KoinWorks untuk meningkatkan literasi keuangan guna mendorong pertumbuhan ekonomi.

Literasi keuangan masyarakat Indonesia baru mencapai 38,03 persen menurut laporan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2019, sementara literasi keuangan syariah hanya mencapai 20,1 persen menurut laporan Bank Indonesia pada 2021.

Tentu hal ini harus menjadi perhatian bersama untuk ekonomi Indonesia yang lebih maju, sehingga acara seperti ini menjadi semakin penting.

Baca juga: Pemain Bormeo FC Hendro Siswanto Akan Bermain dengan Kekuatan Penuh di Markasnya Persikabo 1973

Terlebih lagi, seiring dengan perekonomian global yang semakin membaik, kondisi ekonomi Indonesia juga semakin menguat.

Pemerintah menargetkan inflasi turun sebesar 3,3 persen dan pertumbuhan ekonomi naik sebesar 5,3 persen pada tahun 2023.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved