Pilpres 2024

Analisa Ridwan Kamil Jadi Cawapres Terfavorit Hasil Musra Jabar, Ada Faktor Kedekatan dengan Jokowi

Analisa Ridwan Kamil bisa jadi cawapres terfavorit hasil Musyawarah Rakyat ( Musra ) Jawa Barat. Pengamat menyebut ada faktor kedekatan dengan Jokowi

Instagram ridwankamil
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Analisa Ridwan Kamil bisa jadi cawapres terfavorit hasil Musyawarah Rakyat ( Musra ) Jawa Barat. Pengamat menyebut ada faktor kedekatan dengan Jokowi 

TRIBUNKALTIM.CO - Analisa hasil Musyawarah Rakyat ( Musra ) relawan Jokowi I di Bandung yang menempatkan Ridwan Kamil sebagai calon wakil presiden ( cawapres ) yang paling banyak dipilih peserta Musra.

Dari hasil pilihan peserta Musra I Jabar, Ridwan Kamil yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat menempati urutan pertama cawapres yang paling banyak dipilih dibandingkan sejumlah nama lainnya.

Menurut pengamat, Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil bisa menjadi cawapres yang paling banyak dipilih pesera Musra ini tak terlepas dari kedekatannya dengan Presiden Joko Widodo ( Jokowi ). 

Analisa ini disampaikan Pengamat Politik dari Universitas Padjadjaran, Firman Manan.

Menurutnya, kedekatan antara Ridwan Kamil dengan Jokowi menjadi faktor penyebab Gubernur Jabar ini mendapatkan dukungan paling banyak sebagai cawapres pada 2024 hasil Musra Indonesia I di Bandung.

Menurutnya, posisi Ridwan Kamil sebagai cawapres terkuat atau paling banyak dipilih dalam Musra Indonesia bukanlah hal yang mengejutkan mengingat sejumlah survei sudah mengetengahkan hasil yang sama.

Namun demikian, Firman menilai ada faktor lain dan penting yang membuat Ridwan Kamil dipilih 30 persen lebih peserta Musra Indonesia I.

Rabu (31/8/2022), Firman Manan mengatakan, "Ridwan Kamil (RK) juga punya kedekatan dengan Jokowi.

Baca juga: Ridwan Kamil Punya Elektabilitas sebagai Cawapres dan Cagub, ke Mana Kang Emil? Kata Pengamat

Secara personal 2019 RK dukung Jokowi, RK juga sempat disebut calon kepala otorita IKN dan ini ada kedekatan." 

Menurutnya, hasil Musra ini merupakan murni usulan relawan.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved