Opini

Tingkatkan Hasil Belajar Kimia dengan Gunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation

Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) merupakan model pembelajaran dengan menggunakan sistem pengelompokan atau tim kecil, yaitu antara empat

Editor: Rahmad Taufiq
DOK/PRIBADI
Wigati Ritma Murti, S.Pd, Pengajar Kimia di SMA Negeri 1 Nunukan, Kalimantan Utara. 

TRIBUNKALTIM.CO - Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) merupakan model pembelajaran dengan menggunakan sistem pengelompokan atau tim kecil, yaitu antara empat sampai enam orang yang mempunyai latar belakang kemampuan akademis, jenis kelamin, ras atau suku yang berbeda (heterogen).

Sistem penilaian dilakukan terhadap kelompok. Setiap kelompok akan memperoleh penghargaan (reward) jika kelompok mampu menunjukkan prestasi yang dipersyaratkan.

Dengan demikian, setiap anggota kelompok akan memiliki ketergantungan positif.

Ketergantungan semacam itulah yang selanjutnya akan memunculkan tanggung jawab individu terhadap kelompok dari keterampilan interpersonal dari setiap anggota kelompok.

Setiap individu akan saling membantu, mereka akan memiliki motivasi untuk keberhasilan kelompok, sehingga setiap individu akan memiliki kesempatan yang sama untuk memberikan kontribusi demi keberhasilan kelompok.

Baca juga: Komisi I DPRD Berau Akan Panggil Dinas Pendidikan Bahas Kurikulum Merdeka Belajar

Group Investigation merupakan salah satu bentuk Pembelajaran Kooperatif yang menekankan pada partisipasi dan aktivitas siswa untuk mencari sendiri materi (informasi) pelajaran yang akan dipelajari melalui bahan-bahan yang tersedia, misalnya dari buku pelajaran atau siswa dapat mencari melalui internet.

Siswa dilibatkan sejak perencanaan, baik dalam menentukan topik maupun cara untuk mempelajarinya melalui investigasi.

Tipe ini menuntut para siswa untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi maupun dalam keterampilan proses kelompok.

Model Group Investigation dapat melatih siswa untuk menumbuhkan berpikir mandiri. Keterlibatan siswa secara aktif dapat terlihat mulai dari tahap pertama sampai tahap akhir pembelajaran.

Pelaksanaan model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran kimia ini melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri atas empat langkah yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved