Tak Ada Biaya Tambahan, Semua Gratis Pakai Kartu JKN BPJS Kesehatan

Salah satu warga Kota Balikpapan mengaku banyak mendapatkan manfaat dari keberadaan program JKN yang diselenggarakan BPJS Kesehatan.

Editor: Diah Anggraeni
HO/BPJS Kesehatan
Suriyani, salah satu warga Kota Balikpapan, yang mengaku banyak mendapatkan manfaat dari keberadaan program JKN yang diselenggarakan BPJS Kesehatan. 

TRIBUNKALTIM.CO - Sejak kehadiran program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan BPJS Kesehatan, akses pelayanan di fasilitas kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia semakin terbuka lebar.

Begitulah yang dirasakan oleh Suriyani (53), salah satu warga Kota Balikpapan.

Ditemui saat mengakses pelayanan, dirinya mengaku sering mendapatkan manfaat dari keberadaan program JKN.

Baca juga: Program BPJS Kesehatan Berikan Banyak Kemudahan, Peserta JKN pun Menjadi Tenang

Saat ini, dirinya tengah melakukan pengobatan penyakit di tulangnya.

Beberapa perawatan rawat jalan pun sudah dirinya lakukan menggunakan kartu JKN miliknya.

"Manfaat adanya BPJS Kesehatan ini, alhamdulillah, mudah gitu. Kalau dulu berobat pakai pribadi kan bayarnya lumayan besar, belum lagi nebus obatnya. Nah, kalau sekarang semua gratis pakai kartu JKN dan tidak ada lagi biaya tambahan, pokoknya semuanya dijamin," ujar Suriyani saat ditemui di salah satu rumah sakit.

Dikatakan, dirinya sempat mengakses layanan kesehatan tanpa menggunakan BPJS Kesehatan.

"Saya pikir ke depannya kalau saya dan keluarga tidak punya jaminan BPJS Kesehatan bakal sulit. Ternyata benar saja, saat ini saya mendapatkan kemudahan dalam berobat. Jaminan kesehatan ini menjadi jaminan jangka panjang juga buat keluarga saya. Program ini kan saling menolong satu sama lain, gotong royong lah istilahnya," lanjut Suriyani.

Baca juga: Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional, BPJS Kesehatan Bersinergi dengan Polda Kaltim

Dirinya pun mengaku sangat bersyukur, penyakit yang dialaminya semakin membaik.

Apalagi, Suriyani mendapatkan jaminan kesehatan gratis dari Pemerintah Kota Balikpapan.

"Saya juga mengucapkan terima kasih banyak kepada wali kota Balikpapan yang telah memberikan jaminan kesehatan gratis kepada warganya. Program ini semakin membantu masyarakat dalam membiayai kebutuhan hidup, kita tidak terlalu banyak lagi mengeluarkan biaya berobat. Apalagi, saya harus kontrol ke rumah sakit seminggu dua kali. Pastinya kalau pakai biaya sendiri pasti sangat besar," ujar Suriyani. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved