Berita Kaltim Terkini

Budi Waseso Lantik Isran Noor sebagai Ketua Mabida Gerakan Pramuka Kaltim 2021-2026

Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso hadir melantik Gubernur Kalimantan Timur  Isran Noor sebagai Ketua Maje

TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO HARDI PRASETYO
Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Kaltim masa bakti 2021-2026, Isran Noor bersama Ketua Kwartir Cabang Nasional (Kwarnas) Komjen Pol (Purn) Budi Waseso menandatangani Surat Pelantikan dan Pengukuhan Pembimbing dan Pengurus Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Timur Masa Bakti 2021 -2026 di Pendopo Odah Etam Kantor Gubernur, Minggu (11/9/2022). TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO HARDI PRASETYO 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso hadir melantik Gubernur Kalimantan Timur  Isran Noor sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Kaltim masa bakti 2021-2026, di Pendopo Odah Etam, Minggu (11/9/2022).

Selain agenda melantik pengurus Mabida, acara juga dirangkai dengan Pelantikan Pengurus Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Kaltim yang diketuai oleh Norbaiti Isran Noor dan dilanjutkan Pelantikan Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim, Frans Kris Tiwow sebagai ketua.

Pelantikan berjalan dengan khidmat, sejumlah OPD di lingkup Pemprov Kaltim juga turut dilantik menjadi pengurus.

Usai pelantikan, Budi mengatakan, walaupun saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, tetapi tidak menyurutkan langkah untuk terus melaksanakan kegiatan kepramukaan, termasuk menyelenggarakan pelantikan pada hari ini.

Ketua Kwarnas Pramuka Budi Waseso mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada jajaran Mabida, Kwarda dan LPK Gerakan Pramuka Kaltim masa bhakti 2021-2026 yang baru saja dilantik.

Baca juga: IKN di Kaltim, Pramuka Target Jambore Dunia Pertama di Indonesia

“Bagi kakak-kakak yang baru saja dilantik, mulailah perjalanan tugas roda organisasi sebaik mungkin. Marilah kita berusaha bersama mewujudkan tema besar Gerakan Pramuka 2022 yaitu Pramuka mengabdi tanpa batas untuk membangun ketangguhan bangsa,” tutur Budi Waseso.

Budi Waseso mengatakan, banyak kegiatan dan pengabdian masyarakat yang dapat dilakukan baik di tingkat daerah cabang, ranting sampai ke gugus depan.

Kegiatan ini diharapkan bukan hanya bermanfaat bagi masyarakat luas, tetapi juga sarana pendidikan bagi generasi Pramuka di Kaltim untuk menumbuhkan semangat simpati dan empati pada orang lain.

"Saya berharap agar Tri Satya sebagai salah satu kode kehormatan seorang Pramuka, dan Ikrar sebagai janji kita, dapat kita implementasikan serta wujudkan secara nyata, baik di lingkungan Gerakan Pramuka maupun dalam keseharian kita sebagai warga negara Republik Indonesia," sambung Budi Waseso.

Dia juga ingin, dalam menyongsong pembangunan Ibu Kota Nusantara di Bumi Mulawarman, jajaran Mabida dan Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim dapat membangun bumi perkemahan standar nasional bahkan internasional untuk mendukung kegiatan Pramuka di Kaltim dan Indonesia.

Baca juga: SMPN 3 Balikpapan Luncurkan Program Pendidikan, Salah Satunya Museum Pramuka Pertama di Indonesia

Sementara itu, Gubernur Kaltim Isran Noor sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Kaltim meminta seluruh pengurus baik pengurus Kwarda Gerakan Pramuka bertanggung jawab dan bisa bekerja ekstra keras untuk membangkitkan kembali aktivitas Gerakan Pramuka Kaltim.

Sampai saat ini, Gerakan Pramuka tetap eksis dan keanggotaannya berasal dari berbagai kalangan, utamanya para Pelajar, Remaja dan Pemuda serta masyarakat luas.

"Namun sayang, lebih dari dua tahun ini, semasa Pandemi Covid-19, aktivitas Gerakan Pramuka menurun," kata Isran Noor.

Melihat ini, Kwarda harus dapat mengelola Gerakan Pramuka di tingkat Daerah, melaksanakan pembinaan organisasi kepada Kwarcab dan organisasi pendukung, meningkatkan hubungan dan kosultasi dengan Mabida.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved